Husna, Diana (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI BERMUATAN KARAKTER PADA KEMAMPUAN AKADEMIK DAN GENDER BERBEDA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 7 MALANG. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kompetensiyangperludikembangkanuntukmenghadapitantanganhidupabad21antaralainketerampilanprosessainsdanketerampilanberpikirkritis(criticalthinkingskills).Pengembanganketerampilanprosessainsdanketerampilanberpikirkritisperludilatihmelaluipembelajaran.HasilobservasiyangdilakukandikelasXISMAN7MalangpadaBulanAgustus-September2018menunjukkanbahwapembelajaranbiologimasihdidominasiceramahsehinggakurangmemfasilitasipengembanganketerampilanprosessainsdanketerampilanberpikirkritis.Faktorinternalberupakemampuanakademikdangenderturutmempengaruhiperkembanganketerampilanprosessainsdanketerampilanberpikirkritis.Penelitianinibertujuanuntukmengujipenerapaninkuiribermuatankarakterterhadapketerampilanberpikirkritisdanketerampilanprosessainspadakemampuanakademikdangenderberbeda.Penelitiandilaksanakanmenggunakandesaineksperimensemudenganrancanganpretest-posttestnon-equivalentcontrolgroup.PenelitianmengambilsampelkelasXISMAN7Malangsebanyakduakelassebagaikelaskontroldankelaseksperimenyangmasing-masingterdiriatas34siswa.Dataketerampilanprosessainsdikumpulkanmelaluiobservasidanketerampilanberpikirkritisdikumpulkanmenggunakaninstrumentes.Datadianalisismenggunakanteknikanalisiskovarian(Anakova).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)Modelpembelajaraninkuiribermuatankaraktermeningkatkanketerampilanprosessains(p0000)2)Peningkatanketerampilanprosessainspadasiswadengankemampuanakademikataslebihtinggidibandingsiswakemampuanakademikbawah(p0000)3)Modelpembelajaraninkuiribermuatankarakterlebihberpengaruhterhadappeningkatanketerampilanprosessainssiswadengankemampuanakademikatas(p0000)4)Siswalaki-lakidanperempuanmenunjukkanpenguasaanketerampilanprosessainsyangsama(p0394)5)Modelpembelajaraninkuiribermuatankarakterlebihberpengaruhterhadappeningkatanketerampilanprosessainspadasiswaperempuan(p0010)6)Modelpembelajaraninkuiribermuatankaraktermeningkatkanketerampilanberpikirkritis(p0000)7)Peningkatanketerampilanberpikirkritispadasiswadengankemampuanakademikataslebihtinggidibandingsiswadengankemampuanakademikbawah(p0003)8)Tidakterdapatinteraksiantaramodelpembelajaraninkuiribermuatankarakterdankemampuanakademikterhadapketerampilanberpikirkritis(p0070)9)Penguasaanketerampilanberpikirkritispadasiswaperempuanlebihtinggidibandingsiswalaki-laki(p0039)10)Tidakterdapatinteraksiantaramodelpembelajaraninkuiribermuatankarakterdangenderterhadapketerampilanberpikirkritis(p0287).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 07:02 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 07:02 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1044 |
Actions (login required)
View Item |