Wijaya, Clara Ayu Juliarni Widyasari Marhaendra (2017) English instructions for an autistic student at SMPN 4 Malang: an evaluative study / Clara Ayu Juliarni Widyasari Marhaendra Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijaya, Clara A.J.W.M. Studi Kasus terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Autis. Skripsi, Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Rachmajanti, Dip.TESL., M.Pd, (II) Siti Muniroh, S.Pd, M.A. Kata kunci: pembelajaran Bahasa Inggris, inklusi, siswa autis Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa autis di SMPN 4 Malang yang berguna bagi pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa berkebutuhan khusus di masa depan. Penelitian ini menggunakan studi kasus oleh Latief (2012) yang mengimplementasikan penelitian mendalam terhadap subjek khusus yang memiliki kriteria spesifik yang dibutuhkan oleh peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa autis yang duduk di kelas 9. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi dan wawancara. Fokus penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Inggris pada siswa autis di SMPN 4 Malang, karena siswa autis ini merupakan siswa inklusi pertama yang bersekolah di SMPN 4 Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru Bahasa Inggris tidak mempersiapkan silabus yang spesifik untuk mengakomodasi kebutuhan khusus dari siswa autis. Material yang diberikan juga terbatas pada buku paket, LKS, dan latihan-latihan soal lain. Material tidak disesuaikan dengan kebutuhan siswa autis. Teknik yang digunakan dalam mengajar Bahasa Inggris pada siswa autis juga kurang bervariasi. Sistem penilaian pun tidak dilakukan secara individu, melainkan sama dengan penilain siswa regular dan hanya terbatas pada aspek akademik saja, tidak mencakup kemampuan sosial dan emosional yang peneiliti rasa perlu untuk dikembangkan. Penelitian juga menunjukkan bahwa fokus guru Bahasa Inggris hanya ke aspek akademik saja, tanpa terlalu memerhatikan aspek sosial dan emosional siswa autis. Dengan mengimplementasikan sistem pembelajaran di atas, pencapaian siswa autis tidak mengalami peningkatan maupun penurunan secaa signifikan, walapun nilai yang didapat masih di atas standar yang ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran yang kurang fleksibel tidak dapat berkontribusi terhadap perkembangan siswa autis secara akademik. Pihak sekolah dan guru seharusnya dapat lebih fleksibel dalam membuat suasana yang ramah terhadap proses pembelajaran bagi siswa inkulsi, tidak hanya terbatas pada pengembangan untuk siswa autis. Oleh sebab itu, pengembangan silabus, material, vi metode pembelajaran dan media, serta penilaian terhadap siswa autis harus dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan khusus dari siswa autis. Membantu siswa autis untuk berkembang secara akademik sosial, dan emosional juga merupakan hal yang penting mengingat siswa autis adalah bagian dari masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:22 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10340 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |