Developing web-based supplementary listening materials for eighth graders / Yani I'in Ariska

Ariska, Yani I'in (2016) Developing web-based supplementary listening materials for eighth graders / Yani I'in Ariska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariska, Yani I. 2016. PengembanganMateriMenyimak (Listening) TambahanBerbasis Web untukKelasDelapan. Skripsi, SastraInggris, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang. Advisor (1) Francisca Maria Ivone, M.A., Ph.D., (2) NurHayati, S.Pd., M.Ed. Kata kunci: materitambahanmenyimak, berbasis web Mencapaitujuandarikegiatanmenyimak di tingkatSekolahMenengahPertama (SMP) adalahsebuah proses yang sulitbaikbagi guru maupunsiswa. Hal inidikarenakanketerbatasanmateridanwktu yang dimilikiuntukpembelajaranmenyimak. Denganmenggunakan media untukkegiatanmenyimakdiharapkandapatmembantusiswauntukbelajardantertarikuntukmelakukanlatihanmenyimakdenganmenggunakanmetode yang menyenangkan. Olehkarenaitu, membuatmateritambahanmenyimakuntukkelas VIII, akandapatmembantusiswadalammengatasiketerbatasanwaktupembelajarandanmemberikankesempatanpadasiswabaikdalammeningkatkanpemahamansiswadalammenyimakmaupunmendukungsiswauntukmeningkatkannilai. Penelitianinimengadaptasidari model penelitiandanpengembanganoleh Hyland (2003:57) yang terditidaribeberapa proses; (1) analisakebutuhan; (2)perencanaan; (3)pengembanganproduk; (4) validasiahli; (5) revisi I; (6) uji-coba; (7) revisi II; and (8) produkakhir. Dalam proses analisakebutuhan, penelitimemberikankuisionerkepadasiswatingkatdelapan di SMPN1 Wajak. Hasildarianalisakebutuhanmanunjukkanbahwasiswamembutuhkanmateritambahanuntukmebantumelatihkemampuanmenyimak (Listening). ProdukdikembangkandenganmenggunakanWeebly, untukmembuat website, danGoogle Form, untukmembuatlatihansoal agar lebihinteraktif. Produkdivalidasiolehdua orang ahlidalam media pembelajarandanmateriyaitu: DosenSastraInggris UM dan Guru SMPN 1 Wajak. Produktelahdirevisiberdasarkanhasildarivalidasiahli yang mencakupdesaindanpenorganisasian, kemudahanakses, danisimateri. Kemudian, produkdiujicobakankepada 6 orang siswakelasdelapan di SMPN 1 Wajak. Hasildariuji-cobamenunjukkanbahwaisimaterisesuaidengankurikulumdankebutuhansiswa. Desainprodukjugadapatmenarikminatsiswauntukmelakukanlatihanmenyimak (Listening). Produkdirevisiberdasarkanpenilaiandan saran dariahlisertaumpanbalikdarisiswapada proses uji-coba. Produkakhiradalahmateriberbasis web denganjudulFun Listeningyang bisadiaksesdenganalamatfunlistening.weebly.com. Produkdapatdiaksesdenganmenggunakankomputer, laptop, maupuntelepongenggam yang terkoneksi den internet. Produkterdiridariempatlatihan (lessons): (1) meminta, memberidanmengingkariinformasi; (2) memberikanperhatianterhadappembicara; (3) iklan; dan (4) teksrecountdanteksnarrative. Di dalamwebsiteterdapatduarekaman audio dantiga video. Soallatihandiberikandalambentukpertanyaan-pertanyaandenganjawabanterbuka, pilihanganda, benar/salah, jawabansingkatdantugas. SemuamateritersebutdiberikandenganmenggunakanteknikThree-Phase, yaitu, Pre-Listening, Whilst-Listening, danPost-Listening. Produkinidisarankanuntukdigunakanoleh guru Bahasa Inggrismateritambahandengancakupanmateri yang lebihluasdandapatdigunakansebagai media pembelajaran. Selainitubagipeneliti yang tertarikdenganpengembanganmateritambahanmenyimakberbasis web diharapkanuntukmenambahkanlebihbanyakpilihantopikmateridansoallatihan yang lebihbervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10321

Actions (login required)

View Item View Item