Pengembangan model latihan gerak dasar lokomotor lari dan lompat melalui pendekatan bermain pada anak usia 6-8 tahun di SDN Bandulan I Malang / Yeni Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model latihan gerak dasar lokomotor lari dan lompat melalui pendekatan bermain pada anak usia 6-8 tahun di SDN Bandulan I Malang / Yeni Fatmawati

Fatmawati, Yeni (2013) Pengembangan model latihan gerak dasar lokomotor lari dan lompat melalui pendekatan bermain pada anak usia 6-8 tahun di SDN Bandulan I Malang / Yeni Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penelitian Pengembangan model latihan pendekatan bermain gerak dasar lokomotor lari dan lompat. Berdasarkan penelitian awal berupa analisis kebutuhan (need assessment) yang dilakukan peneliti di SDN Bandulan I Malang terhadap guru pendidikan jasmani dan orangtua siswa diperoleh informasi bahwa (1) Guru pendidikan jasmani setuju jika pengembangan model latihan gerak dasar lokomotor lari dan lompat melalui pendekatan bermain diterapkan untuk siswanya karena sebelumnya tidak ada model latihan yang bervariasi sehingga dapat digunakan sebagai alternatif model latihan melalui permainan dalam proses pembelajaran. (2) 88 48% orangtua setuju jika anak mereka diberi model permainan gerak dasar untuk mengembangkan gerak dasar lokomotor khususnya lari dan lompat melalui pendekatan bermain. Dalam penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model pengembangan Bord dan Gall yang dimodifikasi peneliti menjadi lebih sederhana yaitu (1) Penelitian awal dan pengumpulan data informasi dengan wawancara terhadap guru pendidikan jasmani SDN Bandulan I Malang dan memberikan angket analisis kebutuhan kepada guru pendidikan jasmani dan orangtua siswa. (2) Pengembangan bentuk produk awal model latihan gerak dasar lokomotor lari dan lompat melalui permainan untuk anak usia 6-8 tahun kemudian dievaluasi oleh ahli. (3) Melakukan uji coba kelompok kecil menggunakan 1 sekolah dan 10 subyek dengan 6 observer. (4) Revisi produk awal (sesuai dengan saran dari observer pada uji kelompok kecil). (5) Uji coba kelompok besar dilakukan pada 1 sekolah menggunakan 30 subyek dan 9 observer. (6) Revisi produk akhir sesuai hasil uji lapangan (kelompok besar). (7) Hasil akhir produk berupa model latihan gerak dasar lokomotor lari dan lompat melalui permainan pada anak usia 6-8 tahun di SDN Bandulan I Malang yang diperoleh dari hasil uji coba kelompok besar. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. Produk awal telah dijustifikasi oleh ahli perkembangan motorik dan ahli pendidikan jasmani yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa model-model permainan sebagai latihan pemanasan ini dapat diuji cobakan. Dari hasil uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 10 subyek uji coba yang diperoleh dari observer adalah 81 41% dan pada uji coba kelompok besar dengan menggunakan 30 subyek uji coba diperoleh hasil persentase 92 94% sehingga model latihan gerak dasar lokomotor lari dan lompat melalui pendekatan bermain pada anak usia 6-8 tahun dapat digunakan di SDN Bandulan I Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/99160

Actions (login required)

View Item View Item