Amalia, Erry Dian Candra Ika (2014) Kemampuan menulis karangan pengalaman pribadi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pare / Erry Dian Candra Ika Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Amalia Erry Dian Candra Ika. 2014. Kemampuan Menulis Karangan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pare. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunoto M.Pd. (II) Karkono S.S. M. A. Kata kunci menulis isi bahasa ejaan. 12288 12288 12288 12288 Ada empat keterampilan berbahasa yakni menyimak berbicara membaca dan menulis. Menulis merupakan akumulasi produktif dari menyimak dan membaca yang harus dikuasai oleh siswa. Produktivitas menulis berarti kegiatan melahirkan ide gagasan pikiran dan perasaan dalam saluran tulis. 12288 12288 12288 12288 Salah satu yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi adalah pengalaman pribadi. Menulis pengalaman pribadi bersumber dari pengalaman yang dialami sendiri oleh penulis. Pengalaman pribadi termasuk ke dalam karangan narasi. Skripsi dengan judul Kemampuan Menulis Karangan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Pare bertujuan untuk melihat kemampuan memaparkan isi menggunakan bahasa dan teknik penulisan. 12288 12288 12288 12288 Untuk tujuan tersebut dipilih penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian meliputi 10 kelas dengan jumlah siswa 290 anak. Jumlah populasi diasumsikan memiliki kemampuan yang sama. Atas asumsi tersebut dipilih kelas IX-C yang berjumlah 29 siswa sebagai subjek penelitian. Data penelitian ini diperoleh dari tes menulis karangan pengalaman pribadi. Dari 29 karangan siswa setelah dinilai dan dianalisis distribusi frekuensi nilai per aspek sehingga diperoleh hasil. 12288 12288 12288 12288 Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut. Siswa berhasil menyajikan isi karangan dengan baik. Setiap aspek yang dinilai memperoleh nilai sangat baik dan baik. Hanya beberapa siswa yang memperoleh nilai cukup dan kurang. Siswa berhasil menyajikan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca dan tidak banyak kesalahan penggunaan kata kalimat dan paragraf dalam karangan siswa. Siswa berhasil menggunakan ejaan dengan baik. Tidak ditemukan banyak kesalahan dalam karangan siswa. 12288 12288 12288 12288 Saran dalam penelitian ini adalah mengingat tulisan siswa sudah baik diharapkan guru mempertahankan pembelajaran menulisnya agar siswa saat ditugasi menulis lagi hasil tulisannya lebih baik. Bagi peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan untuk penelitian yang serupa dan diharapkan peneliti lain menggunakan subjek yang lebih luas dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9399 |
Actions (login required)
View Item |