Indarwati, Siska (2013) Pengaruh penggunaan strategi pemodelan terhadap kemampuan membawakan acara siswa kelas VIII SMPN 01 Gondanglegi / Siska Indarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Indarwati Siska. 2013. Pengaruh Penggunaan Strategi Pemodelan terhadap Kemampuan Membawakan Acara Siswa SMPN 01 Gondanglegi. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Universitas Nergeri Malang Pembimbing (1) Dr. Endah Tri Priyatni S.Pd M.Pd (2) Dewi Pusposari S.Pd M.Pd. Kata Kunci pengaruh pemodelan berbicara membawakan acara. 12288 12288 12288 12288 Membawakan acara merupakan salah satu keterampilan berbicara yang sulit tidak semua orang mampu membawakan acara dengan baik. Oleh karena itu diperlukan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran membawakan acara. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran membawakan acara adalah strategi pemodelan dengan harapan siswa mampu meniru dan mengadaptasi tata cara membawakan acara dari contoh atau model yang ditampilkan. 12288 12288 12288 12288 Untuk mencapai tujuan pembelajaran membawakan acara pada siswa kelas VIII SMPN 01 Gondanglegi maka perlu adanya usaha untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek membuka acara menyajikan inti acara menutup atau mengakhiri acara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan strategi pemodelan terhadap kemampuan membuka acara menyajikan inti acara dan menutup acara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain penelitian yang digunakan adalah desain pemasangan subjek melalui tes awal-tes akhir dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan di SMPN 01 Gondanglegi tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 01 Gondanglegi semester genap tahun ajaran 2012/2013. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data dalam penelitian ini terdiri atas tiga data yaitu (1) skor prates dan postes kemampuan membuka acara kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) skor prates dan postes kemampuan menyajikan inti acara kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) skor prates dan postes kemampuan menutup acara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa pengujian hipotesis untuk kemampuan membuka acara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan thitung sebesar 3 453 ttabel sebesar 2 016. Selain itu diperoleh rata-rata skor postes kelas eksperimen (82 95) yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (66 30). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pemodelan berpengaruh pada penampilan siswa dalam aspek membuka acara. Kemampuan menyajikan inti acara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan nilai uji statistik (thitung) sebesar 2 187 lebih besar dari ttabel sebesar 2 016. Selain itu diperoleh rata-rata skor postes kelas eksperimen (56 81) yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (44 56). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pemodelan berpengaruh pada penampilan siswa dalam aspek menyajikan inti acara. Nilai uji statistik (thitung) kemampuan menyajikan inti acara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 2 280 lebih besar dari ttabel sebesar 2 016. Selain itu diperoleh rata-rata skor postes kelas eksperimen (78 40) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (66 30). Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pemodelan berpengaruh pada penampilan siswa dalam aspek menyajikan inti acara. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil perfomansi antara prates dan postes siswa kelas eksperimen dikarenakan siswa kelas eksperimen telah mengamati dan mengadaptasi model yang telah ditampilkan sehingga pada hasil postes menunjukkan peningkatan yang sangat baik. Pada kelas kontrol tidak begitu tampak perbedaan perfomansi antara prates dan postes dikarenakan kelas kontrol hanya mendapatkan teori tentang membawakan acara tanpa model perfomansi membawakan acara. Siswa kelas kontrol tidak memiliki gambaran contoh membawakan acara yang baik dalam praktik nyata. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pemodelan yang menampilkan model perfomansi membawakan acara berpengaruh pada penampilan siswa berkaitan dengan aspek berikut (1) aspek membuka acara (2) aspek menyajikan inti acara dan (3) aspek menutup acara. 12288 12288 12288 12288 Hasil pembahasan setiap aspek dipaparkan sebagai berikut (1) aspek membuka acara kelas kontrol masih menunjukkan hasil yang kurang maksimal berbeda dengan kelas eksperimen yang telah mengamati contoh pemodelan perfomansi membuka acara kelas eksperimen menunjukkan hasil yang sangat baik. (2) aspek menyajikan inti acara kelas kontrol masih menunjukkan hasil yang kurang maksimal berbeda dengan kelas eksperimen yang telah mengamati contoh pemodelan perfomansi menyajikan inti acara kelas eksperimen menunjukkan hasil yang sangat baik. Kemampuan siswa baik kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam menyajikan inti acara memiliki satu kesamaan yaitu dalam hal kemampuan memvariasikan bahasa. Kedua kelompok ini sama-sama cenderung menggunakan bahasa Indonesia yang lebih mudah dipahami oleh audience (penonton). (3) aspek menutup acara kelas kontrol masih menunjukkan hasil yang kurang maksimal berbeda dengan kelas eksperimen yang telah mengamati contoh pemodelan perfomansi menutup acara kelas eksperimen menunjukkan hasil yang sangat baik. 12288 12288 12288 12288 Bagi guru bahasa Indonesia hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan untuk menambah pengetahuan guru dalam memilih strategi pembelajaran dan bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk melakukan penelitian lain yang terkait dengan penggunaan strategi pemodelan dalam kemampuan membawakan acara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9338 |
Actions (login required)
View Item |