Liyanti, Eka (2019) Pengaruh metode struktur analisis sintesis terhadap kemampuan membuat kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia pada siswa tunagrahita ringan kelas VII / Eka Liyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Liyanti Eka. 2018. Pengaruh Metode Struktur Analisis Sintesis terhadap Kemampuan Membuat Kalimat dalam Bahasa Indonesia pada Siswa Tunagrahita Ringan. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S. Pd M. Pd (II) Sopingi S.Sos M.Pd. Kata Kunci struktur analisis sintesis membuat kalimat sederhana tunagrahita Kemampuan membuat kalimat dalam bahasa Indonesia pada siswa tunagrahita masih sangat kurang mengingat karakteristik anak-anak tunagrahita yang sulit memahami sesuatu yang bersifat abstrak. Mereka selalu membutuhkan hal-hal yang konkrit yang bisa dilihat dan dialami sendiri. Metode struktur analisis sintesis adalah salah satu metode yang menyajikan cara menganalisis kalimat dengan menguraikannya ke dalam bentuk kata suku kata dan huruf kemudian disintesiskan kembali menjadi bentuk kalimat. Perpaduan dengan media gambar membuat metode ini menarik dan mudah dipelajari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode struktur analisis sintesis terhadap kemampuan membuat kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia pada siswa tunagrahita ringan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu single subject research (SAS) yaitu penelitian dengan subjek tunggal dengan desain A-B-A (baseline 1 intervensi baseline 2). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas VII di SLB PSM Takeran Magetan yang mengalami kesulitan dalam membuat kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia. Data-data yang dikumpulkan yaitu melalui tes tulis. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi yang hasilnya disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan membuat kalimat sederhana selama fase intervensi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan subjek. Terbukti pada perolehan skor mean level subjek dari 3 75 pada kondisi baseline 1 menjadi 6 9 pada saat intervensi dan 8 6 pada saat baseline 2. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode struktur analisis sintesis berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membuat kalimat sederhana yang ditunjukkan dengan peningkatan pada tiap fase. Data tersebut didukung juga dengan presentase overlap yang rendah. Presentase overlap antar kondisi baseline 1 dan fase intervensi yaitu sebesar 0% dan fase intervensi dengan baseline 2 sebesar 0%. Kesimpulan secara keseluruhan bahwa metode struktur analisis sintesis berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan membuat kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia pada siswa tunagrahita ringan kelas VII di SLB PSM Takeran Magetan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9105 |
Actions (login required)
View Item |