Akbar, Eric Syahrul (2019) Upaya peningkatan minat belajar sejarah melalui penggunaan media karikatur dan metode diskusi untuk siswa kelas XI IPS 5 SMAN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro tahun ajaran 2016/2017 / Eric Syahrul Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Akbar Eric Syahrul. 2017. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Melalui Penggunaan Media Karikatur dan Metode Diskusi Untuk Siswa Kelas XI IPS 5 SMAN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro Tahun Ajaran 2016/2017. Progam Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum dan Indah Wahyu Puji Utami S.Hum S.Pd M.Pd. Kata Kunci Meningkatkan Minat Media Karikatur Metode Diskusi. Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati siswa diperhatikan terus-menerus yang disertai rasa senang dan diperoleh rasa kepuasan. Jika materi yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa maka siswa tersebut tidak akan belajar dengan baik karena tidak ada daya tarik baginya. Bila seseorang siswa merasa tertantang dan memiliki minat yang besar untuk belajar sesuatu hal maka siswa akan terdorong agar berada pada kondisi yang memungkinkan dirinya untuk dapat menyalurkan minatnya dan berusaha menghilangkan atau mengabaikan faktor yang akan menghalanginya. Hal ini juga berlaku dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran sejarah yang memanfaatkan Karikatur dan Diskusi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa di SMAN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui dan menjelaskan minat siswa dengan pengunaan media Karikatur dan Metode diskusi dalam materi Membangun Jati diri Keindonesiaan. Mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS 5 Semester Ganjil SMAN 1 Baureno. Bertujuan untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Baureno. Penelitian ini menggunakan media Karikatur dan metode Diskusi subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 5 SMAN 1 Baureno. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model dari Kemmis Mc Taggart yang terdiri atas (1) Planning (perencanaan) (2) acting (tindakan) (3) observing (pengamatan) (4) reflecting (refleksi). Menggunakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas (1) Perencanaan (2) pelaksanaan (3) refleksi. Analisis yang digunakan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif untuk mengolah data hasil angket minat siswa. Adapun teknik analisis data kualitatif yang dipergunakan dalam penelitian ini dengan membuat gambaran yang dilakukan dengan cara (1) reduksi data atau penyederhanaan (data reduction) (2) paparan/sajian data (data display) dan (3) penarikan kesimpulan Pada siklus I menunjukkan 85% (24 siswa) siswa kelas XI IPS 5 memperoleh skor minat belajar 8805 38 (kategori minat belajar tinggi) dan siklus II terdapat 90% (26 siswa) siswa kelas XI IPS 5 memperoleh skor minat belajar 8805 38 (kategori minat belajar tinggi).Selain itu terjadi peningkatan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS 5 dari pra siklus menunjukkan angka 26 50 dengan kategori minat belajar rendah pada siklus I menunjukkan angka 38 50 dengan kategori minat belajar tinggi dan menjadi angka 38 82 dengan kategori minat belajar sejarah tinggi pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/90590 |
Actions (login required)
View Item |