Agustin, Anik (2017) Pengaruh metode takrir terhadap peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur'an bagi siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta / Anik Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agustin Anik. 2017. Pengaruh Metode Takrir Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur an Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M. Si (II) Drs. Asim M. Pd Kata Kunci Metode Takrir Kemampuan Menghafal Al-Qur an Tunagrahita Menghafal merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan saat anak berada dalam proses pembelajaran. Pada kurikulum mata pelajaran pendidikan agama islam pada tingkat SMPLB terdapat kompetensi dasar menghafal surat-surat pendek Al-Qur an Anak diharuskan menghafalkan bacaan surat-surat pendek dalam Al-Qur an Hal ini akan menjadi sesuatu yang cukup sulit dikarenakan sebagian anak tunagrahita ringan yang memiliki kesulitan mengalami hambatan dalam menghafalkan sesuatu. Anak dengan hambatan intelektual akan lebih lambat dan sulit dalam menghafal surat-surat dalam Al-Qur an yang cenderung asing serta baru dia dengar. Untuk mengatasi maslah yang terjadi perlu ada pendekatan hafalan Al-Qur an dengan menggunakan metode takrir. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kemampuan menghafal Al-Qur an siswa tunagrahita ringan sebelum menggunakan metode takrir (2) mendeskripsikan kemampuan menghafal Al-Qur an siswa tunagrahita ringan sesudah menggunakan metode takrir dan (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode takrir terhadap peningkatan kemampuan menghafal siswa tunagrahita ringan kelas VII di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental dengan desain one group pre test post test design dengan membandingkan subyek yang sama dalam kondisi yang berbeda. Instrumen penelitian berupa tes. Teknik analisis data diselesaikan dengan bantuan software SPSS 20.00 for windows dan uji Anova. Hasil penelitian dapat diketahui nilai rata-rata pre test dan post test sebagai berikut. Rata-rata kemampuan menghafal surat Ad-Dhuha pada saat pre test sebesar 42 62 sedangkan pada saat post test sebesar 90 74 rata-rata kemampuan menghafal surat At-Tiin pada saat pre test sebesar 40 77 sedangkan pada saat post test sebesar 81 48 dan rata-rata kemampuan menghafal surat Al-Insyiroh pada saat pre test sebesar 38 91 sedangkan pada saat post test sebesar 85 19. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui peningkatan yang signifikan rata-rata pre test dan post test masing-masing surat. Kemudian hasil output diperoleh nilai signifikansi untuk data kemampuan menghafal surat Ad-Dhuha adalah 0 21 sedangkan nilai signifikansi untuk data kemampuan menghafal surat At-Tiin 0 027 dan nilai signifikansi untuk data kemampuan menghafal surat Al-Insyiroh adalah 0 013. Menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0 05. Berdasarkan kriteria tersebut maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Takrir berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur an bagi siswa kela VII tunagrahita ringan di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Saran untuk guru pelajaran agama islam dengan melihat hasil yang positif dari penelitian ini metode Takrir dapat digunakan saat pelajaran agama islam untuk pembelajaran menghafal surat-surat pendek pilihan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8945 |
Actions (login required)
View Item |