Upaya meningkatkan hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli dalam pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan metode bermain untuk siswa kelas x jasa boga 3 SMK Negeri 1 Batu / Frisma Dwi Cahyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli dalam pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan metode bermain untuk siswa kelas x jasa boga 3 SMK Negeri 1 Batu / Frisma Dwi Cahyanti

Cahyanti, Frisma Dwi (2020) Upaya meningkatkan hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli dalam pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan metode bermain untuk siswa kelas x jasa boga 3 SMK Negeri 1 Batu / Frisma Dwi Cahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyanti Frisma D 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Passing Atas Bolavoli dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani menggunakan Metode Bermain untuk Siswa Kelas X Jasa Boga 3 SMK Negeri 1 Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Eko Hariyanto M.Pd. Kata Kunci hasil belajar passing atas bolavoli Pendidikan Jasmani metode bermain Pendidikan olahraga yang terdapat di sekolah SMK/SMA adalah pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). PJOK merupakan salah satu bagian dari pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan meningkatkan kebugaran jasmani membangun keterampilan gerak peserta didik keterampilan berfikir keterampilan sosial membangun moral dan pola hidup sehat dan menjaga lingkungan bersih. Pendidikan Jasmani sangat penting bagi peserta didik karena melalui pendidikan jasmani peserta didik dapat berinteraksi dalam melakukan aktivitas jasmani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli peserta didik kelas X Jasa Boga 3 SMK Negeri 1 Batu dengan menggunakan metode bermain. Hal ini ditinjau dari observasi awal yang sudah dilaksanakan di kelas X Jasa Boga 3 SMK Negeri 1 Batu kurang efektif pembelajaran dari guru maupun peserta didik dengan didukung hasil observasi awal sebesar 57% dan hasil dokumen sebelumnya mendapatkan persentase ketuntansan sebesar 40%. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus setiap siklusnya terdapat 3 pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Jasa Boga 3 di SMK Negeri 1 Batu yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik passing atas bolavoli peserta didik kelas X Jasa Boga 3 di SMK Negeri 1 Batu mengalami peningkatan setelah dilakukan dengan dua siklus. Peserta didik pada siklus 1 memperoleh rata-rata hasil dari dua observer sebesar 61% dan persentase ketuntasan sebesar 57% . Sedangkan tingkat keberhasilan peserta didik pada siklus 2 memperoleh rata-rata hasil dari dua observer sebesar 83% dan persentase ketuntasan sebesar 83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode bermain pada pembelajaran PJOK dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli dalam permainan bola besar untuk peserta didik kelas X Jasa Boga 3 di SMK Negeri 1 Batu. service bawah bolavoli sehingga diharapkan kedua permainan tersebut dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan bermain bolavoli dan dapat dijadikan rujukan tambahan dan bahan untuk dikembangkan dalam bentuk penelitian lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 06:20
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/87213

Actions (login required)

View Item View Item