Evaluasi penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran pemrograman dasar kelas X di SMK Cendika Bangsa Malang dengan metode CIPP / Novita Rizki Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran pemrograman dasar kelas X di SMK Cendika Bangsa Malang dengan metode CIPP / Novita Rizki Amalia

Amalia, Novita Rizki (2019) Evaluasi penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran pemrograman dasar kelas X di SMK Cendika Bangsa Malang dengan metode CIPP / Novita Rizki Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia Novita Rizki. 2019. Evaluasi Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Kegiatan Pembelajaran Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X di SMK Cendika Bangsa Malang dengan Metode CIPP. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Wahyu Sakti G.I. M.Kom. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci CIPP Evaluasi RPP Kegiatan Pembelajaran. Berdasarkan wawancara dan observasi yang telah dilakukan di SMK Cendika Bangsa Malang guru mata pelajaran Pemrograman Dasar menyusun RPP hanya sebagai formalitas saja sehingga hal ini dikhawatirkan dapat memengaruhi hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang kurang terstruktur oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan RPP pada kegiatan pembelajaran mata pelajaran pemrograman dasar kelas X di SMK Cendika Bangsa Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode CIPP yang terdiri dari beberapa tahapan evaluasi yaitu context input process dan product. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil pada tahap context bahwa dalam penyusunan RPP dilakukan per jenjang dengan menyesuaikan pada ISO yang telah disepakati oleh kurikulum RPP dikumpulkan sebelum masuk tahun ajaran baru pada saat acara workshop. Dalam menyusun RPP guru berpedoman pada Permendikbud No.22/2016 silabus prota dan promes. Namun alokasi waktu dalam RPP yang disusun guru tidak sesuai dengan yang tercantum dalam Prota dan Promes. Pada tahap process dari seluruh pertanyaan yang diberikan semua jawaban sudah cenderung sesuai dengan pedoman wawancara. Pada tahap product diperoleh data nilai siswa yang menunjukkan bahwa masih ada siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Proses penyusunan RPP masih perlu ditingkatkan agar sebelum masuk tahun ajaran baru seluruh dokumen pembelajaran siap digunakan kesesuaian antara RPP dengan aturan yang berlaku masih perlu ditingkatkan agar seluruh indikator dapat tercapai. Guru hendaknya melakukan analisis alokasi waktu silabus agar pengalokasian waktu dalam RPP bisa sesuai dengan yang telah direncanakan. Kesesuaian antara RPP yang disusun guru dengan kegiatan pembelajaran dapat dikatakan cenderung sesuai namun masih ada beberapa indikator yang belum tercapai. Kegiatan pembelajaran mata pelajaran Pemrograman Dasar dapat dikatakan sudah cenderung sesuai dan dapat dilanjutkan. Namun untuk administrasi kelengkapan dokumen pembelajaran masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84965

Actions (login required)

View Item View Item