Pengembangan sirkuit jelajah alam memanfaatkan lingkungan sekolah untuk melatih kemandirian pada anak Kelompok A / Ella Rifka Adhadila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sirkuit jelajah alam memanfaatkan lingkungan sekolah untuk melatih kemandirian pada anak Kelompok A / Ella Rifka Adhadila

Adhadila, Ella Rifka (2015) Pengembangan sirkuit jelajah alam memanfaatkan lingkungan sekolah untuk melatih kemandirian pada anak Kelompok A / Ella Rifka Adhadila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adhadila Ella Rifka.2015. Pengembangan Sirkuit Jelajah Alam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah untuk Melatih Kemandirian Anak Kelompok A. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr.Saichudin M.Kes (II) Muh Arafik S.Pd M.Pd. Kata Kunci Sirkuit Jelajah Alam Lingkungan Sekolah Kemandirian Sirkuit adalah suatu program latihan yang dikombinasikan dari beberapa item-item latihan yang tujuannya dalam melakukan tidak akan membosankan. Sirkuit biasanya mengembangkan fisik motorik anak namun sirkuit jelajah alam ini melatih kemandirian anak dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah yang ada. Peneliti menyadari bahwa lingkungan sekitar sekolah berpengaruh dalam melatih kemandirian anak dalam pembiasaan kemandirian biasanya dilakukan dengan menggunakan gambar dan kegiatan sehari-sehari seperti memakai sepatu sendiri makan sendiri dan sebagainya yang sejenis. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan sirkuit jelajah alam yang mudah menyenangkan aman dan dapat melatih kemandirian anak kelompok A. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan Research and Development). Penelitian dan pengembangan pendidikan meliputi beberapa tahapan dimana didalamnya suatu produk dikembangkan di ujicobakan dan di revisi sesuai hasil tes lapangan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif analisis kuantitatif berupa hasil persentase dari para ahli aspek kemudahan kesenangan keamananm dan kemandirian dalam uji kelompok kecil dan besar. Sedangkan analisis kualitatif berupa saran dan hasil wawancara. Hasil penelitian dari ahli pendidikan anak usia dini memiliki nilai kelayakan 87 5% ahli sirkuit memiliki nilai kelayakan 85% dan ahli pendidikan karakter 85%. Sedangkan hasil penelitian uji kelompok besar 90 5% anak mudah melakukan sirkuit jelajah alam 97 1% anak senang melakukan sirkuit jelajah alam 100% anak aman dalam melakukan sirkuit jelajah alam 96 3% anak mandiri dalam melakukan sirkuit jelajah alam. Hasil wawancara ditemukan bahwa pembelajaran menggunakan sirkuit jelajah alam untuk melatih kemandirian belum pernah dilakukan dan dalam melatih kemandirian guru menggunakan pembiasaan sehari-hari. Berdasarkan hasil analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa sirkuit jelajah alam memanfaatkan lingkungan sekolah ini mudah menyenangkan aman dan dapat melatih kemandirian anak. Sirkuit jelajah alam ini merupakan hasil pengembangan sebagai alternatif pembelajaran untuk membantu guru dalam melatih kemandirian anak kelompok A. Sebelum produk disebarluasakan dan dimanfaatkan sebaiknya dievaluasi kembali disesuaikan kondisi lingkungan sekolah masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8263

Actions (login required)

View Item View Item