Pengembangan modul mata pelajaran kearsipan berbasis pendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang) / Fivi Fidyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul mata pelajaran kearsipan berbasis pendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang) / Fivi Fidyawati

Fidyawati, Fivi (2019) Pengembangan modul mata pelajaran kearsipan berbasis pendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang) / Fivi Fidyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fidyawati Fivi. 2019. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Kearsipan Berbasis Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. Kata kunci Modul Kearsipan Pendekatan Scientific Hasil Belajar Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh beberapa hal yaitu (1) tidak tersedianya bahan ajar untuk peserta didik (2) Sumber belajar peserta didik masih sangat terbatas (3) perolehan hasil belajar peserta didik masih kurang memuaskan. Atas dasar permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian tentang pengembangan modul berbasis pendekatan Scientific yang pada dasarnya pendekatan ini berpusat pada peserta didik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini diharapkan dapat (1) menghasilkan Modul Kearsipan Berbasis Pendekatan Scientific untuk peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang (2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi (3) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen menggunakan modul dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan modul dengan membandingkan rata-rata perolehan hasil belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk melalui empat tahap yaitu (1) Pendefinisian (Define) (2) Perancangan (Design) (3) Pengembangan (Develop) (4) Penyebarluasan (Dessiminate). Modul yang dikembangakan melalui dua tahap yang terdiri dari dua ahli yaitu ahli modul yang dilakukan oleh 2 dosen jurusan Manajemen program studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang dan ahli materi dilakukan oleh 2 guru kejuruan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi serta 6 peserta didik sebagai responden pengguna modul. Data yang diperoleh dalam penelitian iniberupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari instrumen yang diberikan kepada ahli modul ahli materi serta responden peserta didik (Uji Coba Terbatas) yang berupa catatan kritik dan saran yang telah diberikan. Sedangkan untuk data kualitatif diperoleh dari data angket yang diberikan kepada ahli modul ahli materi serta responden peserta didik (Uji Coba Terbatas) yang berupa skor pengisian angket yang telah diberikan serta hasil Posttest peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa produk yang dikembangan berupa Modul Kearsipan Berbasisi Pendekatan Scientific yang terdiri dari dua modul yaitu modul untuk pegangan guru dan modul untuk peserta didik. Modul dinyatakan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dilihat dari perolehan hasil validasi modul validasi materi serta respon peserta didik serta hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dinyatakan meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran pengembangan lebih lanjut penelitian dan pengembangan modul berbasis pendekatan Scientific untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian pada materi selanjutnya atau materi yang berbeda serta melakukan perbandingan pengembangan modul dengan menggunakan metode pembelajaran yang lain untuk mengetahui mana yang lebih cocok dan baik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78795

Actions (login required)

View Item View Item