Analisis pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada siswa kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Islam Batu / Ida Nur Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada siswa kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Islam Batu / Ida Nur Fitriani

Fitriani, Ida Nur (2019) Analisis pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada siswa kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Islam Batu / Ida Nur Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitriani Ida Nur.2019. Analisis Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Pada Siswa Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Islam Batu. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata Kunci Pelaksanaan PKL Siswa SMK Kurikulum di Indonesia telah mengalami perubahan mulai dari periode sebelum tahun 1945 sampai sekarang yaitu kurikulum 2013 oleh karena itu kurikulum di Indonesia bersifat statis. Pola pembelajaran dalam kurikulum 2013 berpusat pada siswa sehingga menuntut siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pendidikan merupakan upaya untuk mengubah watak kepribadian pemikiran dan perilaku kearah yang lebih baik. Jenis pendidikan di Indonesia salah satunya adalah Sekolah Menengah Kejuruan. Sekolah Menengah Kejuruan memiliki tujuan mengembangkan potensi dan keterampilan siswa kearah pekerjaan atau karir. SMK mewujudkan hal tersebut melalui Praktik Kerja Lapangan. Praktik Kerja Lapangan melaksanakan link and match dengan dunia usaha untuk siswa melaksanakan praktik kerja lapangan guna menghasilkan lulusan yang berkualitas. Fokus Penelitian analisis pelaksanaan praktik kerja lapangan pada siswa kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMK Islam Batu meliputi (1) perencanaan praktik kerja lapangan pada siswa kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMK Islam Batu (2) Pelaksanaan praktik kerja lapangan pada siswa kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMK Islam Batu (3) evaluasi praktik kerja lapangan pada siswa kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMK Islam Batu (4) Kendala dan cara mengatasi pelaksanaan praktik kerja lapangan pada siswa kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMK Islam Batu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Sumber informan dari penelitian ini adalah Ketua Pokja PKL Ketua Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran Guru pembimbing PKL Siswa PKL dan DUDI. Selanjutnya analisis data peneliti menggunakan reduksi data display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan temuan peneliti menggunakan trianggulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan PKL di SMK Islam Batu sudah terorganisasi dengan baik. Pelaksanaan PKL siswa telah ditempatkan sesuai dengan kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran. Evaluasi PKL dilihat dari penilaian aspek teknis dan non teknis. Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan PKL mengenai kedisiplinan siswa adaptasi dengan lingkungan kerja kurang dan siswa kelelahan karena terlalu banyak pekerjaan. Cara mengatasi kendala tersebut dengan menegur siswa memberikan motivasi oleh guru pembimbing mengenai dunia kerja dan melakukan monitoring sesuai dengan perencanaan PKL. Berdasarkan hasil penelitian tersebut Bagi Kepala Sekolah SMK Islam Batu peneliti menyarankan kedepannya agar praktik kerja lapangan tetap berlangsung namun perlu diperbaiki dan memaksimalkan pelaksanaan PKL agar tujuan dapat dicapai dengan maksimal. Bagi Guru Pembimbing untuk lebih memperhatikan siswa selama proses pelaksanaan PKL dengan memberikan pembimbingan dan pengerahan yang sesuai ketentuan sekolah. Bagi DUDI yang bekerjasama dengan SMK Islam Batu dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan selama pelaksanaan PKL agar siswa mendapat pengalaman bekerja sehingga siswa meningkatkan kualitasnya dalam bekerja. Bagi siswa diharapkan lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan praktik kerja lapangan sehingga nantinya akan mendapatkan hasil yang baik. Terakhir untuk peneliti lain penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi khususnya mengenai Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/78461

Actions (login required)

View Item View Item