Dampak implementasi formative feedback dengan butir isomorfik pada pembelajaran learning cycle 5E terhadap penguasaan konsep siswa / Astrida Khoirunnisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak implementasi formative feedback dengan butir isomorfik pada pembelajaran learning cycle 5E terhadap penguasaan konsep siswa / Astrida Khoirunnisa

Khoirunnisa, Astrida (2019) Dampak implementasi formative feedback dengan butir isomorfik pada pembelajaran learning cycle 5E terhadap penguasaan konsep siswa / Astrida Khoirunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Khoirunnisa Astrida. 2019. Dampak Implementasi Formative Feedback dengan Butir Isomorfik pada Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Penguasaan Konsep. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kadim Masjkur M.Pd (II) Dr. Sentot Kusairi S.Pd M.Si. Kata Kunci Formative Feedback Butir Isomorfik Learning cycle 5E Kemampuan penguasaan konsep. Kemampuan penguasaan konsep merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Masih banyak siswa yang memiliki kemampuan penguasaan konsep yang rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasai masalah rendahnya penguasaan konsep adalah dengan pemberian penilaian yang dapat digunakan siswa untuk mengevaluasi dirinya sendiri. Salah satu bentuk penilaian yang dilakuakan oleh guru adalah penilaian formatif. Penilaian formatif dilakukan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Salah satu bentuk penilaian formatif yang memberikan pengaruh terhadap kemampuan penguasaan konsep pada siswa adalah penilaian formatif feedback dengan butir isomorfik. Model pembelajaran yang digunakan untuk mewadahi penilaian formatif ini adalah model pemgelajaran Learning Cyce 5E. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah perbedaan antara kelompok siswa yang menggunakan penilaian formatif feedback dengan butir isomorfik kelompok siswa yang menggunakan penilaian formatif biasa dan kelompok siswa yang menggunakan penilaian konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik cluster random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan pertimbangan semua kelompok kelas memiliki kemampuan yang sama. Kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X MIA 3 kelas eksperimen 2 dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen satu menggunakan penilaian formatif feedback dengan butir isomorfik. Kelas eksperimen dua menggunakan penilaian formatif feedback biasa. Kelas kontrol menggunakan penilaian formatif penugasan biasa. Model pemebelajaran yang digunakan ketiga kelas sampel sama yaitu Learning Cyce 5E. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan 20 soal kemampuan penguasaan konsep dengan reliabilitas 0 746. Data penelitian dianalisis dengan uji anova satu jalur dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan penilaian formative feedback dengan butir isomorfik memiliki rerata lebih tinggi dibandingkan dengan rerata siswa siswa yang belajar penilaian formatif lainnya. Hasil ini diuji dengan menggunakan anova satu arah dengan thitung 17 198 ttabel 3 09. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan penguasaaan konsep siswa yang menggunakan penilaian formative feedback dengan butir isomorfik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan penilaian vii formatif lainnya. Hasil ini diperoleh penilaian formatif feedback dengan butir isomorfik dalam setiap indikatornya terdapat 3 soal yang membuat siswa akan lebih baik dalam memahami suatu konsep atau permasalahan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penilaian formatif feedback dengan butir isomorfik berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa kelas materi impuls dan momentum. Hasil dari data tersebut kemudian dianalisis uji lanjut dan mendapatkan hasil bahwa penilaian formatif feedback dengan butir isomorfik dengan penilaian formatif feedback biasa tidak nyata terdapat perbedaan pada perlakuannya namun kedua penilaian formatif tersebut nyata terdapat perbedaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75942

Actions (login required)

View Item View Item