Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan berdasarkan tahapan Newman di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Arung Ifantri Alia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan berdasarkan tahapan Newman di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Arung Ifantri Alia

Alia, Arung Ifantri (2019) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan berdasarkan tahapan Newman di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Arung Ifantri Alia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Alia Arung Ifantri. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Himpunan Berdasarkan Tahapan Newman di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sukoriyanto M.Si. Kata Kunci analisis kesalahan soal cerita himpunan tahapan Newman Dalam mempelajari matematika seringkali membutuhkan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. Materi-materi dalam matematika saling berhubungan. Ketika siswa tidak menguasai materi sebelumnya maka siswa akan kesulitan untuk mempelajari materi-materi selanjutnya. Siswa tidak membangun konsep matematika sendiri dan hanya menghafal rumus-rumus matematika tanpa tahu maknanya. Memberikan soal cerita kepada siswa dapat memperluas pengetahuan tentang manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari dan melatih siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-B SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Instrumen yang digunakan berupa lembar soal cerita materi himpunan dan pedoman wawancara. Pemilihan subjek dilakukan dengan mengelompokkan jenis kesalahan yang sama kemudian dipilih 4 siswa yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak ditemukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi himpunan. Kesalahan yang ditemukan beragam berdasarkan tahapan Newman hampir semua siswa melakukan kesalahan pada setiap tahap. Secara keseluruhan kesalahan yang sering dilakukan adalah saat memodelkan soal ke dalam bentuk matematika menentukan cara yang digunakan untuk menyelesaikan soal dan penulisan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/74812

Actions (login required)

View Item View Item