Penerapan model pembelajaran kooperatif roundrobin pada keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa kelas XI SMAN 1 Batu / Rida Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif roundrobin pada keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa kelas XI SMAN 1 Batu / Rida Amalia

Amalia, Rida (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif roundrobin pada keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa kelas XI SMAN 1 Batu / Rida Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Amalia Rida. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Roundrobin pada Keterampilan Membaca Bahasa Mandarin Kelas XI SMAN 1 Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Jurusan Sastra Jerman. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Rosyidah M.Pd. (II) Aiga Ventivani S.Pd. M.Pd. Kata Kunci model Pembelajaran kooperatif Roundrobin Pembelajaran bahasa Mandarin keterampilan membaca siswa kelas XI SMA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif Roundrobin pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Mandarin kelas XI SMAN 1 Batu dan untuk mengetahui respon siswa kelas XI LM Mandarin SMAN 1 Batu terhadap model pembelajaran kooperatif Roundrobin. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah KD 3.4 dan 4.5 yang membahas tentang penggunaan 34917 35821 [b 468 y 468 ] dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI LMT Mandarin SMAN 1 Batu dengan jumlah keseluruhan siswa 15 siswa. Data dalam penelitian yaitu langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan respon siswa pada keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa kelas XI LMT Mandarin SMAN 1 Batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model kooperatif Roundrobin siswa menjadi lebih antusias dan aktif dalam pembelajaran bahasa Madarin khususnya pada keterampilan membaca. Selain itu pemberian waktu dalam menyelesaikan tugas dapat membuat siswa berpikir secara cepat. Penerapan model Roundrobin pada pembelajaran Mandarin juga dapat menumbuhkan kerjasama kelompok dalam memecahkan suatu masalah dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca bahasa Mandarin serta memahami materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72466

Actions (login required)

View Item View Item