Pengembangan media Arabic scrabble untuk pembelajaran keterampilan menulis Arab siswa kelas X MA Nurul Ulum / Nila Azmi Ismail - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media Arabic scrabble untuk pembelajaran keterampilan menulis Arab siswa kelas X MA Nurul Ulum / Nila Azmi Ismail

Ismail, Nila Azmi (2019) Pengembangan media Arabic scrabble untuk pembelajaran keterampilan menulis Arab siswa kelas X MA Nurul Ulum / Nila Azmi Ismail. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ismail Nila Azmi. 2019. Pengembangan Media Arabic Scrabble untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Arab Siswa Kelas X MA Nurul Ulum. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Moh Ainin M.Pd. (2) Laily Maziyah M.Pd. Kata Kunci Media Arabic Scrabble Media Keterampilan Menulis Arab Media Pembelajaran Arab Media Pembelajaran MA. Pengajaran keterampilan menulis bertujuan agar siswa dapat berkomunikasi secara tertulis. Untuk menguasai keterampilan menulis tersebut dibutuhkan penguasaan kosakata dan tata bahasa (nahwu) yang cukup. Hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Arab pada bulan April 2019 menunjukkan bahwa belum pernah digunakan media pembelajaran yang dikhususkan untuk keterampilan menulis Arab di kelas X MA Nurul Ulum. Hal itulah yang mendasari peneliti untuk mengembangkan media Arabic Scrabble yang merupakan media papan susun kata yang dimainkan oleh dua orang atau lebih dengan cara mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari kepingan huruf hijaiyah di atas papan permainan nilai kalimat yang disusun dikertas serta nilai dari jawaban soal analisis nahwu. Penggunaan media ini memiliki banyak manfaat diantaranya menarik minat belajar siswa menambah penguasaan kosakata dan nahwu serta melatih siswa dalam belajar keterampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media Arabic Scrabble dan (2) menguji kelayakan media tersebut sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan menulis Arab. Rancangan penelitian ini berupa Research dan Development (R D) yang mengadopsi model Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi 7 tahapan (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk (3) uji validasi (4) revisi hasil validasi (5) uji coba produk (6) revisi akhir (7) produk akhir. Data dalam penelitian ini berupa data-data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan angket. Media Arabic Scrabble ini memiliki 3 komponen yang terdiri atas papan Arabic Scrabble kepingan huruf hijaiyah dan kamus Arab Indonesia. Papan Arabic Scrabble digunakan sebagai tempat diletakkannya kepingan-kepingan huruf hijaiyah yang disusun pemain. Kepingan huruf hijaiyah berupa kepingan huruf hijaiyah dari alif hingga ya . Kamus Arab Indonesia memiliki beberapa komponen yaitu (a) kata pengantar (b) standar operasional produk (c) KD indikator dan tujuan pembelajaran (d) ketentuan permainan (e) cara permainan (f) daftar isi (g) kamus Arab Indonesia (h) ringkasan materi menulis (i) soal-soal analisis nahwu dan (j) biodata peneliti. Hasil uji validasi media diperoleh tingkat validitas sebesar 73% dengan kualifikasi cukup valid dan perlu revisi hasil uji validasi materi diperoleh tingkat validitas sebesar 88% dengan kualifikasi valid dan perlu revisi dan hasil uji coba praktisi pembelajaran memenuhi tingkat kelayakan sebesar 100% dengan kualifikasi sangat layak sedangkan hasil uji kelompok kecil terhadap 12 siswa kelas X diperoleh tingkat kelayakan sebesar 93 4% dengan kualifikasi sangat layak dan dapat dinyatakan bahwa produk tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan menulis Arab bagi siswa MA Nurul Ulum kelas X. Disarankan kepada (1) para guru agar dapat memanfaatkan media ini sebagai media pembelajaran yang dapat diaplikasikan kepada siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis Arab (2) siswa agar memanfaatkan media ini baik di dalam ataupun di luar kelas secara mandiri (3) para peneliti lain agar mengembangkan tema penelitian ini pada keterampilan kebahasaan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/72230

Actions (login required)

View Item View Item