Janah, Erika Nurul (2019) Improving the eleventh grade students' speaking performance through project-based learning technique at SMKN 2 Blitar / Erika Nurul Janah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Janah Erika Nurul. 2019. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI melalui Project Based Learning di SMKN 2 Blitar. Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Sastra nggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. (2) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL. M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Berbicara Project Based Learning Siswa Kelas 2 SMKN 2 Blitar. Berdasarkan kurikulum 2013 proses pembelajaram yang yag dituntut untuk memindahkan dari yang sebelumnya berpusat pada guru ke pembelajaran yang berpusat pada siswa. Hal ini memerlukan guru untuk menemukan teknik yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan materi pelajaran siswa. Salah satu teknik yang sangat disarankan adalah Project Based Learning (PjBL). PjBL adalah pendekatan yang berpusat pada siswa yang menekankan proses untuk menyelesaikan serangkaian tugas otentik yang telah mereka rencanakan sendiri. Teknik ini membantu untuk meningkatkan keterampilan bahasa siswa terutama dalam berbicara. Penelitian adalah tindakan kelas dengan menggunakan Project-Based Learning (PBL) teknik dalam mengajar Bahasa Inggris terutama untuk kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang memiliki 3 pertemuan disetiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI tahun 2018/2019 di SMKN 2 Blitar dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam lima langkah utama studi pendahuluan perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes kemampuan berbicara siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana teknik Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 2 SMKN 2 Blitar Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik PjBL dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari kriteria keberhasilan yang telah dicapai. Sebanyak 29 siswa (91%) telah berhasil mencapai kriteria sukses. Penerapan teknik PjBL melalui beberapa langkah berikut ini (1) menjelaskan siswa tentang topik dan hasil akhir proyek (2) memilih topik dan hasil akhir proyek yang menarik (3) membagi siswa menjadi delapan kelompok dan setiap kelompok memiliki empat atau lima anggota (4) mendampingi siswa selama proses pembelajaran (5) mempresentasikan produk akhir siswa di depan kelas. Peningkatan keterampilan berbicara siswa dapat dibuktikan dengan mencapai kriteria keberhasilan untuk penelitian ini yang berorientasi pada proses dan proyek pengajaran dan pembelajaran. Pada siklus pertama nilai rata-rata siswa untuk penampilan di depan kelas adalah 48% dan 30% untuk proyek siswa. Selain itu setelah siklus kedua hasil penampilan siswa di depan kelas meningkat menjadi 91% dan 100% untuk proyek siswa. Ini berarti kriteria keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai. Berdasarkan penemuan dari penelitian ini peningkatan penampilan dan proyek siswa selama proses pembelajaran merupakan bukti bahwa Project Based Learning berhasil diterapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/71782 |
Actions (login required)
View Item |