Studi perbandingan prestasi belajar antara murid dengan latar belakang orang tuanya sebagai pengajar dan non pengajar di kelas V dan VI MINU Al-Usman Tlogowaru Kedungkandang Kota Malang / oleh Budi Susiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi perbandingan prestasi belajar antara murid dengan latar belakang orang tuanya sebagai pengajar dan non pengajar di kelas V dan VI MINU Al-Usman Tlogowaru Kedungkandang Kota Malang / oleh Budi Susiyanto

Budi (2005) Studi perbandingan prestasi belajar antara murid dengan latar belakang orang tuanya sebagai pengajar dan non pengajar di kelas V dan VI MINU Al-Usman Tlogowaru Kedungkandang Kota Malang / oleh Budi Susiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

anak itu dan faktor yang datang dari luar diri anak itu (faktor lingkungan). Faktor yang datang dari diri anak itu terutama kemampuan yang dimilikinya Faktor kemampuan merupakan fbktor yang besar sekali pengaruhnya terhadap hastl belajar yang dicapai.. Melihat kenyataan ini drperkirakan prestasi yang berbeda itu ada kaitannya dengan latar belakang keluarga siswa yang beragam terulama tentang pekerjaan dan profesi orang tua. Dari data yang berhasil dihimpun menyatakan bahwa sebagian besar latar belakang pekeUaan orang tua di MINU Al-Usman dapat diklasifikasikan dua lenis pekerjaan. Yang pertama pekerjaan sebagai pengajar dan yang kedua pekerjaan sebagai non pengajar. Dari uraian di atas dapat ditemukan rumusan masalah sebagai berikut (l) Adakah perbedaan prestasi belajar antara anak yang orang tuanya sebagai pengajar dan anak yang orang tuanya non pengajar (2). Faktor-t aktor apakah yang menyebabkan perbedaan prestasi belajar antara anak yang mempunyai latar belakang berbeda tersebut Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari faktor perbedaan dan mendiskripsikan prestasr belajar antara anak -vang orang tuan va sebagai pengajar dan non pengajar di MINU Al-Usman Tlogowaru. Dalam penelitian ini penulis menggunakanm etode Observ asiA ngket Interview i Wawancara. Dokumentasi. Dan data yang dianalisa secara statistik adalah data yang berisi tentang prestasi belaiar siswa yang diambil dalam buku raport semester genap tahun 2004. Adapun sampel yang kami gunakan adalah sampel random. Teknik ini di sebutd emikiank arenad alam pengambilans ampelnyap eneliti mengambils emua obyek yang dianggapnya sama dengan cara undian. Sedangkan jumlah sampel yang diambil sebanyak l2l siswa terdiri dan anak vang orang tuanva pengajarl I siswa dan ll0 anak yang orang tuanya non jumlah yang ada sesuai dengan ancer-ancer Arikunto.. Penelitian ini merupakan perbandingan penga1ayra kni 10% - 15 % dari yang di berikan oleh Suhursini antara dua variabel maka penulis menggunakatenh nika nalisaT -TestD. arip erhitunganni laiy angd iperolehm elalui buku raportm enunjukkanb ahwan ilai rata-rataa naky ang orangt uanyap enga1ar adalah7 614 s edangkan ilai rata-rataa nak yang orangt uanyab ukan pengajar 6 545. Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai t-test adalah 4 643 sedangkadnb adalah2 0. Dengand b (derajatk ebebasan2)0 dant araf signifikansi 5 % setelah drlihat dalam tabel nilai t ternyata nilar yang ditunjukkan dalam tabel adalah2 086 Hal ini berartib ahwad alam penelitianin i menunjukkan adanyap erbedaasni gnifikanD. engann ilai f dan hasilp enelitianb eradad iatas atau lebih besar dari angka batas hipotesa nihil yaitu 4 643. Maka dapat disimpulkanb ahwab erdasarkatna raf signifikans5i % makah ipotesan ihit (Ho) yangm engatakatnid ak ada perbedaanp restasib elajar antaraa nak yang orang tuanyap engajard an bukan pengajard itolak Jadi disini dapatd iketahuib ahwa prestabsie lajara nakd ari orangt ua pengajarle bih baik dibandingd enganp restasi anak yang orang tuanya bukan pengajar karena selalu mendapat perhatian motivasdi an pengawasabne lajar dari orang tuanyam elalui private diluar jam sekolahd a n merekad apatm engaturw aktu denganb aik sedangkana nak dari orangtu ab ukanp engajark urangm endapapt erhatiand an motivasid alamb elejar mereka hanya belajar ketika di bangku sekolah saja. serta mereka kurang memilikid isiplin waktu sehinggak etika belajar keadaanja smani atau rohani mereka mengalami kelelahan yang mengakibatkan tidak kosentrasi penuh terhadap elaSaran. Saran- sarany angd apatp enuliss ampaikana natarata in (1) Kepadag uru hendaknyam emberikanb imbingan serta perhatiany ang sama terhadapp ara siswanyak a renad alaml ingkungans ekolaht anggungiawapbe ndidikans iswanya sepenuhnybae radad itangang uru.D enganm emberikanb imbingand an perhatian tersebutd iharapkans egalat ujuan pendidikany ang telah dicanangkand apat tercapadi enganb aik (2) Kepada orang tua. karena anak dan pendidikannya adalah tanggungjawab orang tua maka hendaknya orang tua senantiasa membedkan perhatian sertia motivasi kepada anak terutama dalam masalah pendidikannya. Dengan demikian orang tua turut serta dalam rangka mencerdaskaann ak-anakb angsa( 3) Kepadas isway ang memiliki prestasbi aik hendaknyjaa ngan merasac epat puas dengana pa yang diperolehnyaT. eruslah berusahad enganb etajard an berdo a demi suksesy ang lebih cerah.B agi yang belum berprestasjia ngan cepat menyerah i ngatlah bahwa kegagalana dalah suksesy ang terfunda.A salkant etap berusahaIn syaA lloh akan ada

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Nov 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7069

Actions (login required)

View Item View Item