Fauziah, Eka Lisdiana (2019) Implementasi media boneka tongkat dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Kecamatan 1 Kabupaten Sidoarjo / Eka Lisdiana Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Fauziah Eka Lisdiana. 2015. Implementasi Media Boneka Tongkat dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SDN Kemantren 1 Kabupaten Sidoarjo. Skripsi. Program Studi S1 PGSD. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs.Dimyati S.Pd. M.Pd (2)Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Kata kunci Media Boneka Tongkat Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III Keterampilan berbicara siswa di kelas III SDN Kemantren 1 Kabupaten Sidoarjo masih rendah hal ini diketahui pada saat observasi di kelas III dari 25 Siswa. Pada saat guru bercerita terdapat 14 siswa yang mendengarkan 4 siswa bermain dengan teman sebangkunya 7 siswa asyik bermain sendiri. Pada saat guru meminta siswa untuk berbicara di depan kelas hanya 4 siswa yang mengacungkan tangan untuk berani berbicara di depan kelas Nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 78. Dari keseleruhan siswa kelas III SDN .Kemantren 01 menujukkan bahwa dari 25 siswa hanya ada 4 siswa (16%) yang tuntas dan 21 siswa yang belum tuntas (84 %). Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti memperbaikinya dengan menggunakan media boneka tongkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan media boneka tongkat (2) aktivitas siswa diterapkan media boneka tongkat (3) hasil keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan media boneka tongkat. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Kemantren 1 Kabupaten Sidoarjo sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi observasi dan catatan lapangan. Pelaksananaan penerapan media boneka tongkat dari rata-rata siklus I 88% menjadi 100% pada siklus II. Aktivitas siswa selama diterapkan media boneka tongkat rata-rata 77 02 pada siklus I menjadi 88 08 pada siklus II. Pada pratindakan Nilai rata-rata hasil berbicara siswa pada pratindakan sebesar 48 96 dengan ketuntasan secara klasikal hanya 16%. Pada siklus I Setelah menggunakan media tongkat nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 77 04 dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 58%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa meningkat lagi menjadi 90 7 dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 92%. Dari hasil keterampilan berbicara pada siklus I dan siklus II peningkatan yang dialami sebesar 34%. Kesimpulan dalam penelitian ini dengan menggunakan media boneka tongkat dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil keterampilan berbicara siswa. Guru hendaknya menerapkan media boneka tongkat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa karna penerapan media boneka tongkat dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa sehingga pembelajaran menyenangkan dan siswa aktif saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6990 |
Actions (login required)
View Item |