Manajemen kegiatan ekstrakurikuler broadcasting dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Malang / Ahmat Hanafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kegiatan ekstrakurikuler broadcasting dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Malang / Ahmat Hanafi

Hanafi, Ahmat (2019) Manajemen kegiatan ekstrakurikuler broadcasting dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Malang / Ahmat Hanafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hanafi Ahmat. 2019. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Broadcasting Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik (Studi Kasus di SMKN 4 Kota Malang). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd (II) Wildan Zulkarnain S.Pd M.Pd Kata Kunci Manajemen kegiatan ekstrakurikuler broadcasting kreativitas Manajemen kegiatan ekstrakurikuler merupakan suatu kegiatan yang melibatkan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan evaluasi kegiatan yang dilaksanakan dalam organisasi ekstrakurikuler broadcasting. kegiatan ekstrakurikuler broadcasting bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler broadcasting ini memiliki tujuan yaitu untuk membuat peserta didik menjadi kreatif melalui bidang IT (information tecnology) dan juga bisa mempromosikan sekolah melalui IT. Fokus penelitian ini adalah (1) Perancanaan kegiatan ekstrakurikuler broadcasting yang meningkatkan kretivitas peserta didik di SMKN 4 Kota Malang yang meliputi a) dasar filosofis dan praktiknya yang telah direncanakan b) tujuan perencanaan c) penyusunan programnya (2) Pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler broadcasting yang meningkatkan kretivitas peserta didik di SMKN 4 Malang meliputi a) pelaksanaan b) tugas dan dan tanggung jawab (3) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler broadcasting yang meningkatkan kretivitas peserta didik di SMKN 4 Malang meliputi a) kapan pelaksanaan mulai dilakukan b) apa saja kegiatan yang dilakukan c) siapa yang menjadi tentor dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler broadcasting (4) Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler broadcasting yang meningkatkan kretivitas peserta didik di SMKN 4 Malang meliputi a) apa aspek yang dievaluasi b) siapa yang mengevaluasi c) kapan saja pengevaluasian dilakukan (5) Kretivitas yang di dapat oleh peserta didik meliputi a) jenis kreativitas yang di dapat peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler broadcasting b) sifatnya kreativitas seperti apa c) produk luaran yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus untuk memperoleh data deskriptif secara alamiah komprehensif dan intensif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data peneliti berperan sebagai informan kunci dan pembina kegiatan ekstrakurikuler broadcasting sebagai informan kunci. Analisis data dilakukan selama di lapangan dan setelah selesai di lapangan. Secara interaktif kegiatan analisis data ini dilakukan dengan serangkaian proses reduksi data dan display data. Setelah diperolehnya data penelitian dilakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi pengecekan anggota dan kecukupan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler broadcasting di SMKN 4 Kota Malang meliputi dasar filosofi yang berisi latar belakang suatu kegiatan ekstrakurikuler broadcasting. Dimana latar belakang tersebut tentang berdirinya suatu kegiatan ekstrakurikuler broadcasting di SMKN 4 Malang tersebut. Tujuan ekstrakurikuler broadcasting meliputi penerapan tujuan ekstrakurikuler broadcasting penerapan manfaat dan juga menentukan jadwal. Penyusanan program meliputi menentukan pihak yang terlibat dalam perencanaan kegiatan ekstrakurikuler broadcasting dan juga tata tertib kegiatan ekstrakurikuler broadcasting untuk agra pelaksanaan bisa berjalan dengan sesuai terstruktur (2) pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler broadcasting di SMKN 4 Kota Malang meliputi ketetapan mejadi seorang angoota ekstrakurikuler broadcasting regenerasi pengurus organisasi ekstrakurikuler broadcasting persyaratan menjadi pengurus dan penetapan untuk dilaksanakannya diklat (3) pengorganisasian kegiatan ekstrakurikuler broadcasting di SMKN 4 Kota Malang meliputi waktu pelaksanaan yang terdiri dari yang ikut berperan dalam pembuatan program kerja pelaksanaan pembuatan program kerja dan juga pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler broadcasting. Dan juga kegiatan pelaksanaan yang dilaksanakan yaitu membuat film pendek atau video dan juga pembentukan crew. Untuk bisa berjalannya pelaksanaan yang baik juga harus memilik tentor dalam pelaksanaan tentor tersebut meliputi tentor dalam kegiatan ekstrakurikuler broadcasting dan juga peran alumni ikut serta (4) evaluasi kegiatan ekstrakurikuler broadcasting di SMKN 4 Kota Malang meliputi hambatan kegiatan ekstrakurikuler broadcasting dan juga cara mengatasinya. Untuk melakukan evaluasi juga ada peran yang terlibat dalam pengevaluasian dilakukan. Dan waktu pelaksanaan evaluasi juga harus sesuai dengan baik (5) kreativitas yang di dapat oleh peserta didik dalam mengikuti kegiatan estrakurikuler broadcasting di SMKN 4 Kota Malang meliputi jenis kreatif sifat kreatif dan juga produk yang dihasilakan. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti memberi saran (1) Kepala Sekolah SMKN 4 Kota Malang yaitu dapat dijadikan sebagai upaya wadah peserta didik sebagai pengembangan maupun pembelajaran di dunia broadcasting. dan juga melalui kegiatan ekstrakurikule broacasting ini bisa mengenalkan sekolah melalui video maupun poster-poster kepada masyarakat (2) pembina ekstrakurikuler broadcasting yaitu untuk mengembangka meningkatkan kinerja dan ide-ide baru dalam membina dan melatih kegiatan ekstrakurikuler broadcasting. Terutama ide-ide kreatif yang bisa mengikuti zaman (3) ketua jurusan yaitu sebagai tambahan refrensi dalam mengembangkan ilmu manajemen peserta didik khususnya yang terkait dengan manajemen layanan khusus (4) peneliti lain yaitu sebagai acuan dan pertimbangan apabila adan yang ingin melakukan penelitian yang sejenis dengan subtansi yang sama atau penelitian lanjutan dengan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/68670

Actions (login required)

View Item View Item