Aziz, Rahmat (2009) Pengembangan kreativitas melalui kegiatan analogi pada siswa MTs Surya Buana Malang / Rahmat Aziz. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aziz Rahmat 2008. Pengembangan Kreativitas Melalui Kegiatan Analogi Pada Siswa MTs Surya Buana Malang Disertasi Program Studi Psikologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana MA (II) Dr. Marthen Pali M.Psi (III) Dr. Dany M. Handarini MA Kata Kunci analogi berpikir kreatif menulis kreatif sikap kreatif Kreativitas adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan baik bagi individu yang bersangkutan maupun bagi kehidupan sosial karena itu pendidikan bertanggung jawab untuk mengembangkannya. Namun proses pendidikan yang berlangsung saat ini kurang berpihak pada pengembangan kreativitas siswa salah satu indikatornya adalah model pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton dan kurang menarik. Kreativitas sebagai sebuah konsep psikologis bisa dipahami sebagai karakteristik pribadi (person) proses (process) produk (product) dan pendorong (press). Selanjutnya dijelaskan bahwa sebagai process kreativitas berarti kemampuan berpikir untuk membuat kombinasi baru. Sebagai product kreativitas diartikan sebagai suatu karya baru berguna dan dapat dipahami oleh masyarakat pada waktu tertentu. Sebagai person kreativitas berarti ciri-ciri kepribadian non kognitif yang melekat pada orang kreatif dan sebagai press artinya pengembangan kreativitas itu ditentukan oleh faktor lingkungan baik internal maupun eksternal. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimental yang bertujuan menguji analogi dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan menulis kreatif dengan menyertakan sikap kreatif sebagai variabel kovariat. Pelajaran yang digunakan sebagai sarana pemberian perlakuan adalah bahasa Indonesia yang dianggap cocok untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan menulis kreatif dalam bentuk menulis karangan. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas tujuh (VII) MTs Surya Buana Malang sebanyak 48 orang (24 untuk kelompok analogi dan 24 untuk kelompok pembanding). Pengambilan data dilakukan dengan tes berpikir kreatif tes menulis kreatif dan skala sikap kreatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis 1) multivariate analysis of covariance digunakan untuk menguji pengaruh kegiatan analogi terhadap kemampuan berpikir dan menulis kreatif dengan menyertakan sikap kreatif sebagai variabel kovariat 2) regression analysis digunakan untuk menguji pengaruh berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis kreatif dan 3) analysis of variance digunakan untuk menguji pengaruh jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan menulis kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kegiatan analogi efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif 2) Kegiatan analogi efektif dalam mengembangkan kemampuan menulis kreatif 3) Terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis kreatif 4) Jenis kelamin berpengaruh terhadap tinggi rendahnya kemampuan berpikir dan menulis kreatif perempuan lebih tinggi dibanding laki-laki pada kedua kemampuan tersebut. Saran yang disampaikan sehubungan dengan temuan dalam penelitian adalah 1) pengembangan kreativitas baik dalam bentuk kemampuan berpikir kreatif maupun kemampuan menulis kreatif bisa dilakukan terintegrasi dalam suatu pelajaran di sekolah yang salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan kegiatan analogi 2) perlu ada perlakuan yang berbeda dalam mengembangkan kreativitas pada laki-laki dan perempuan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64903 |
Actions (login required)
View Item |