Jalur karier lulusan SMK dan Diploma III Bidang Perhotelan pada Hotel Berbintang di Kota Medan / Femmy Indriany Dalimunthe - Repositori Universitas Negeri Malang

Jalur karier lulusan SMK dan Diploma III Bidang Perhotelan pada Hotel Berbintang di Kota Medan / Femmy Indriany Dalimunthe

Dalimunthe, Femmy Indriany (2017) Jalur karier lulusan SMK dan Diploma III Bidang Perhotelan pada Hotel Berbintang di Kota Medan / Femmy Indriany Dalimunthe. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dalimunthe Femmy Indriany 2017. Jalur Karier Lulusan SMK dan Diploma III Bidang Perhotelan pada Hotel Berbintang di Kota Medan. Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Haris Anwar Syafrudie M.Pd. (II) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. (III) Dr. Rita Margaretha Setianingsih M.Hum. Kata Kunci academic skills employability skills career and technical skills job entry skills advanced skills Hotel membutuhkan para pekerja yang profesional dan loyal untuk memberikan layanan terbaik dan mampu bertahan di era persaingan. Untuk itu penting bagi industri perhotelan memiliki jalur karier bagi karyawan agar karyawan mengetahui posisi yang ditempati dan gambaran akan adanya pengembangan dan kemajuan karier di hotel tempat ia bekerja. Kebutuhan pribadi academic skills fokus karier employability skills career and technical skills job entry skills dan advanced skills merupakan faktor pendukung jalur karier. Pendidikan formal dalam karier menekankan bahwa level pendidikan yang lebih tinggi memiliki peran yang penting pada saat awal memasuki industri. Para siswa SMK dan Diploma III Perhotelan memiliki cita-cita tinggi dalam meraih karier mereka sesuai dengan level pendidikannya berdasarkan Kualifikasi Baku Jenis Pekerjaan Indonesia (KBJI) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif-korelasional. Data dikumpulkan menggunakan angket tes tertulis dan lembar oservasi kepada karyawan Departemen Kantor Depan Tata Hidangan dan Tata Graha pada hotel berbintang di Kota Medan dengan sampel sebanyak 144 orang dan dianalisis menggunakan analisis jalur dengan tingkat signifikan 8804 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kebutuhan pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap advanced skills (2) academic skills berpengaruh tidak signifikan terhadap advanced skills (3) fokus karier berpengaruh positif dan signifikan terhadap advanced skills (4) employability skills berpengaruh tidak signifikan terhadap advanced skills (5) career and technical skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap advanced skills (6) job entry skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap advanced skills (7) kebutuhan pribadi berpengaruh tidak signifikan terhadap jalur karier (8) academic skills berpengaruh tidak signifikan terhadap jalur karier (9) fokus karier berpengaruh tidak signifikan terhadap jalur karier (10) employability skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap jalur karier (11) career and technical skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap jalur karier (12) job entry skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap jalur karier dan (13) advanced skills berpengaruh positif dan signifikan terhadap jalur karier. Saran yang perlu disampaikan sebagai berikut (1) job entry skills employability skills dan career and technical skills dapat dijadikan dasar dalam membangun jalur karier sehingga perlu mendapat perhatian lebih bagi pengelola pendidikan (pihak akademi dan sekolah) dalam hal ini direktur akademi dan kepala sekolah SMK sebagai pengambil kebijakan (2) pihak akademi dan sekolah bekerjasama dengan pihak industri dalam mempersiapkan lulusan dengan kompetensi yang sesuai dengan level pendidikannya agar dapat mempunyai kesempatan untuk mengembangkan karier atau meningkatkan advanced skills yang dapat disesuaikan dengan level pendidikannya dan kebutuhan industri dan pada akhirnya akan menunjang peningkatan jalur karier di industri (3) pihak akademi dan sekolah dalam hal ini subbagian kerjasama dan kemahasiswaan mengaktifkan bimbingan karier (career counseling) agar para siswa dapat diarahkan perencanaan kariernya dan lebih fokus terhadap pentingnya peningkatan advanced skills di industri dan peningkatan jalur karier (4) pihak akademi dan sekolah memberi perhatian pada peningkatan employability skills siswa di sekolah yang pada akhirnya akan berguna dalam proses peningkatan advanced skills dan jalur karier di industri (5) pihak akademi dan sekolah lebih meningkatkan lagi career and technical skills siswa dengan memberikan jadwal waktu yang seimbang antara teori dan praktik karena diperlukan untuk mengawali karier siswa dan peningkatan jalur karier serta advanced skills (6) pihak akademi dan sekolah bekerjasama dengan pihak industri untuk menyusun kurikulum prakerin yang sesuai dengan level pendidikan dan kebutuhan industri.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64859

Actions (login required)

View Item View Item