Murwaningsih, Tri (2013) Pengaruh sikap tentang profesi guru, kesejahteraan guru, pengembangan diri berkelanjutan dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMK (studi pada guru SMK Negeri Bisnis dan Manajemen pasca sertifikasi di eks Karesidenan Surakarta) / Tri Murwaningsih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Murwaningsih Tri 2013. Pengaruh Sikap tentang Profesi guru Kesejahteraan Guru Pengembangan Diri Berkelanjutan dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK. (Studi Pada Guru SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Pasca Sertifikasi Di Eks. Karesidenan Surakarta. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (2) Dr. Hari Wahyono MPd. (3) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto MSi. M.Ed. Kata Kunci sikap tentang profesi guru kesejahteraan guru pengembangan diri berkelanjutan kepuasan kerja dan kinerja guru. Dalam menghadapi era globalisasi yang semakin kompetitif semua sektor ditantang untuk menyelenggarakan kegiatan yang bermutu termasuk sektor pendidikan. Ada banyak tantangan yang dihadapi oleh dunia pendidikan khususnya di Indonesia antara lain mutu pendidikan yang belum maksimal. Dalam penyelenggaraan pendidikan faktor guru menjadi faktor penting karena peran yang dilaksanakan berhubungan langsung dengan kualitas lulusan. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pemerintah untuk lebih meningkatkan peran guru salah satunya adalah dengan program sertifikasi dengan tujuan meningkatkan kinerja guru. Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja antara lain kepuasan kerja pengembangan diri berkelanjutan kesejahteraan guru dan sikap tentang profesi guru. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antar faktor-faktor kinerja guru baik pengaruh langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional jumlah populasi 222 guru jumlah sampel 155 orang dengan teknik pengambilan sampel Stratified and proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan teknik analisis dengan Structural Equation Model (SEM) Hasil penelitian menemukan 1). Sikap tentang profesi guru berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kesejahteraan guru dan tidak berpengaruh terhadap pengembangan diri berkelanjutan kepuasan kerja dan kinerja. Namun sikap tentang profesi guru berpengaruh tidak langsung terhadap kepuasan kerja guru dengan mediasi kesejahteraan guru dan sikap tentang profesi guru berpengaruh tidak langsung terhadap pengembangan diri berkelanjutan dengan mediasi kesejahteraan guru 2). Kesejahteraan guru berpengaruh langsung dan signifikan terhadap pengembangan diri berkelanjutan dan kepuasan kerja guru. Namun kesejahteraan guru berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru dimediasi pengembangan diri berkelanjutan 3). Pengembangan diri berkelanjutan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja guru dan tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja 4). Kepuasan kerja guru tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. Saran dalam penelitian ini pertama diharapkan pemerintah membuat dan melaksanakan model pengembangan kompetensi guru yang sesuai dengan kondisi guru yang ada sekarang ini karena kinerja guru ternyata dipengaruhi oleh pengembangan diri berkelanjutan. Kedua pemerintah daerah diharapkan dapat membuat pemetaan pengembangan diri bagi guru dan melaksanakan kegiatan- kegiatan yang aplikatif untuk peningkatan kinerja guru. Ketiga bagi LPTK diharapkan dapat meningkatkan softskills dan hardskills bagi mahasiswa melalui proses pembelajaran yang dilakukan. Keempat bagi kepala sekolah dapat membuat jadwal pembelajaran dengan memberi kesempatan bagi guru untuk melaksanakan pengembangan diri. Kelima bagi guru guru harus melakukan pengembangan diri berkelanjutan melalui keikutsertaannya dalam kegiatan diklat kegiatan kolektif guru dan kegiatan ilmiah agar kompetensinya lebih baik sehingga dapat meningkatkan kinerja. Adapun rekomendasi dalam penelitian adalah penelitian ini hanya terbatas pada kinerja guru Produktif Bidang Bisnis dan Manajemen SMK yang dipengaruhi oleh sikap tentang profesi guru kesejahteraan guru pengembangan diri berkelanjutan dan kepuasan kerja. Untuk peneliti selanjutnya dapat dilakukan penelitian untuk guru-guru Sekolah Menengah Atas bahkan untuk dosen di Perguruan Tinggi dengan memfokuskan pengaruh kinerja dengan hasil belajar siswa/mahasiswa atau pengaruh perilaku guru/dosen setelah mendapatkan tunjangan profesi. Penelitian lanjut juga dapat dilakukan dengan menggunakan variabel yang berbeda yaitu kepemimpinan lingkungan kerja dan beban kerja guru.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64786 |
Actions (login required)
View Item |