Indriayu, Mintasih (2013) Pengaruh pembelajaran konstruktivistik terhadap perilaku ekonomi berkarakter ditinjau dari ecomomic literacy mahasiswa di FKIP UNS Surakarta / Mintasih Indriayu. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Konstruktivistik Economic Literacy Perilaku Ekonomi Berkarakter. Kemampuan economic literacy mahasiswa dapat mempengaruhi perilaku ekonomi mereka. Perilaku ekonomi yang dilandasi oleh karakter yang kuat akan dapat menyelesaikan permasalahan ekonomi secara bijaksana bertanggungjawab jujur dapat dipercaya dan adil. Oleh sebab itu peran pendidikan ekonomi sangat penting untuk menuju perekonomian bangsa yang sehat. Suatu keadaan yang tidak dapat dipungkiri bahwa pengajaran ilmu ekonomi di lembaga formal masih banyak yang menekankan pada hasil daripada proses pembelajaran. Sehingga peran bagi seorang pengajar dalam menerapkan model pembelajaran perlu yang aplikatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji (1) perbedaan perilaku ekonomi berkarakter antara kelompok mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konstruktivistik dengan kelompok mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional di FKIP UNS (2) perbedaan perilaku ekonomi berkarakter antara kelompok mahasiswa yang memiliki economic literacy tinggi dengan kelompok mahasiswa yang memiliki economic literacy rendah di FKIP UNS (3) perbedaan perilaku ekonomi berkarakter antara kelompok mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konstruktivistik dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari economic literacy yang tinggi di FKIP UNS (4) perbedaan perilaku ekonomi berkarakter antara kelompok mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konstruktivistik dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari economic literacy yang rendah di FKIP UNS (5) nteraksi antara pembelajaran konstruktivistik dan economic literacy terhadap perilaku ekonomi berkarakter di FKIP UNS. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan control-group pre test-post test non random. Data diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik analisis varian (anava) dua jalur 2 x 2. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Tahun Akademik 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku ekonomi berkarakter dengan model pembelajaran konstruktivistik memberikan hasil yang lebih baik daripada mahasiwa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran konstruktivistik berpengaruh terhadap perilaku ekonomi berkarakter (2) terdapatnya perbedaan perilaku ekonomi berkarakter juga disebabkan karena adanya perbedaan mahasiswa yang memiliki economic literacy tinggi dengan mahasiswa yang memiliki economic literacy rendah. Artinya semakin tinggi tingkat economic literacy mahasiswa baik dengan pembelajaran konstruktivistik maupun konvensional semakin baik pula perilaku ekonomi berkarakter mahasiswa. (3) jika ditinjau dari tingkat economic literacy yang tinggi ternyata ada perbedaan perilaku ekonomi berkarakter antara mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konstruktivistik dengan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (4) bila di tinjau dari tingkat economic literacy yang rendah ternyata tidak ada perbedaan perilaku ekonomi berkarakter antara mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konstruktivistik dengan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (5) terdapat interaksi antara pembelajaran konstruktivistik dan economic literacy terhadap perilaku ekonomi berkarakter. Maksudnya bahwa semakin tinggi kemampuan economic literacy mahasiswa yang diperoleh dengan pembelajaran konstruktivistik semakin baik perilaku ekonomi berkarakter mahasiswa. Bertitik tolak dari temuan penelitian tersebut disarankan kepada (1) dosen untuk menggunakan pembelajaran konstruktivistik agar mahasiswa dapat menerapkan konsep-konsep ilmu ekonomi pada kehidupan nyata (2) dosen untuk memberikan kegiatan pembelajaran yang berbasis masalah dengan melakukan eksperimen (3) peneliti selanjutnya untuk menggunakan konsep-konsep ekonomi lain yang lebih mendalam (4) bagi peneliti selanjutnya yang akan meneliti tentang penggunaan model pembelajaran tertentu perlu memperhatikan pengalaman mengajar dari dosen atau guru yang digunakan sebagai model penelitian.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64783 |
Actions (login required)
View Item |