Penerapan strategi Question Answer Relationship (QAR) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Bunulrejo 4 Kota Malang / Pratiwi Reza Oktavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi Question Answer Relationship (QAR) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Bunulrejo 4 Kota Malang / Pratiwi Reza Oktavia

Oktavia, Pratiwi Reza (2017) Penerapan strategi Question Answer Relationship (QAR) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Bunulrejo 4 Kota Malang / Pratiwi Reza Oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktavia Pratiwi Reza. 2017. Penerapan Strategi Question Answer Relationship (QAR) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Bunulrejo 4. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suharjo M. S M. A (2) Drs. A. Badawi S. Pd M. Pd Kata Kunci strategi QAR membaca pemahaman kelas V Sekolah Dasar Pembelajaran membaca pemahaman di kelas V SDN Bunulrejo 4 Kota Malang mengalami permasalahan ketika siswa disajikan bacaan dan diminta untuk memahami secara mendalam. Siswa membaca bacaan yang disajikan dengan setengah hati sehingga pemahaman terhadap isi bacaannya kurang. Ketika guru bertanya judulnya saja kepada siswa sebagian besar menjawab kurang tepat/kurang lengkap. Selain itu soal yang ada hanya terpaku pada teks. Tidak ada variasi jenis pertanyaan yang dapat membuat siswa berpikir kritis. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk menghadapi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan strategi QAR. Penelitian dengan menerapkan strategi QAR ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) aktivitas siswa selama pembelajaran membaca pemahaman dan (2) penerapan model QAR dalam pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Bunulrejo 4 sebanyak 49 siswa. Data yang diperoleh berupa data tentang penerapan strategi QAR dalam pembelajaran dan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa. Sumber data yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tes dan dokumentasi. Keberhasilan pembelajaran yang dilakukan guru pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 80 15% dengan kategori cukup baik sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata sebesar 87 50% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I mencapai rata-rata sebesar 84 83% dengan kategori baik sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata sebesar 89 80% dengan kategori sangat baik. Hasil tes membaca pemahaman mengalami peningkatan dari siklus I diperoleh rata-rata kelas yaitu 73 99% dengan kategori cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas sebesar 81 78% dengan kategori baik Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) aktivitas siswa mengalami kenaikan sebesar 4 97% dari siklus I ke siklus II. Siswa terlihat lebih aktif untuk berpartisipasi mengeluarkan pendapat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi QAR. Selain itu siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan tertib dan bekerja secara mandiri (2) penerapan strategi QAR dalam pembelajaran mengalami kenaikan sebesar 7 35% pada aktivitas guru dari siklus I ke siklus II. Hasil tes membaca juga mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 7 79%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6476

Actions (login required)

View Item View Item