Pengaruh pembiayaan pendidikan, kompensasi finansial, dukungan ekonomi rumah tangga dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru dan hasil belajar bidang studi ekonomi (Studi tentang pendidikan menengah di Sulawesi Barat) / Muhammad Azis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembiayaan pendidikan, kompensasi finansial, dukungan ekonomi rumah tangga dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru dan hasil belajar bidang studi ekonomi (Studi tentang pendidikan menengah di Sulawesi Barat) / Muhammad Azis

Azis, Muhammad (2012) Pengaruh pembiayaan pendidikan, kompensasi finansial, dukungan ekonomi rumah tangga dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru dan hasil belajar bidang studi ekonomi (Studi tentang pendidikan menengah di Sulawesi Barat) / Muhammad Azis. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembiayaan kompensasi dukungan ekonomi kepuasan kerja kinerja guru dan hasil belajar. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru dan hasil belajar bidang studi ekonomi. Untuk tercapainya kinerja guru yang baik dalam rangka meningkatkan hasil belajar bidang studi ekonomi secara maksimal memerlukan pembiayaan yang memadai tingkat kompensasi yang memadai dukungan ekonomi rumah tangga dan tingkat kepuasan kerja guru. Beberapa masalah secara umum dijumpai di lapangan yakni anggaran pendidikan masih sangat terbatas kompensasi finansial dan dukungan ekonomi rumah tangga yang masih rendah serta kepuasan kerja yang masih perlu ditingkatkan. Kinerja guru dan hasil belajar bidang studi ekonomi masih memungkinkan untuk ditingkatkan. Tujuan penelitian ini menjelaskan pengaruh pembiayaan pendidikan kompensasi finansial dukungan ekonomi rumah tangga dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru dan hasil belajar bidang studi ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 120 sekolah yaitu 43 SMA 42 SMK dan 35 Madrasah Aliyah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembiayaan pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dan hasil belajar bidang studi ekonomi. (2) Kompensasi finansial melalui kepuasan kerja mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dan hasil belajar bidang studi ekonomi. (3) Dukungan ekonomi rumah tangga melalui pembiayaan pendidikan kompensasi finansial dan kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dan hasil belajar bidang studi ekonomi. (4) Kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dan hasil belajar bidang studi ekonomi.(5) Kinerja guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bidang studi ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada (1) Pemerintah daerah kiranya ada upaya nyata dalam mendorong peningkatan usaha yang dapat mendorong ekonomi masyarakat sehingga lebih meningkatkan pendapatan yang dapat lebih mendukung pembiayaan pendidikan terutama yang terkait langsung dengan kebutuhan pembelajaran yang dapat mendorong peningkatan kinerja guru dan hasil belajar bidang studi ekonomi. (2) Konsisten dalam merealisasikan anggaran pendidikan 20% dari APBD di luar gaji dan lebih memperhatikan kondisi ekonomi masyarakat pada setiap kabupaten/ kecamatan dalam mendistribusikan anggaran pendidikan tersebut. (3) Bagi kepala sekolah kiranya lebih intensif menjalin kerjasama dengan BUMN BUMD dan perusahaan swasta yang beroperasi di Sulawesi Barat. (4) memberdayakan potensi masing-masing sekolah dalam mencari sumber-sumber dana misalnya mendirikan koperasi di sekolah dan membuka perkebunan sekolah (5) Khususnya bagi sekolah swasta kiranya mencari solusi yang terbaik dalam upaya meningkatkan kompensasi finansial yang layak diterima guru sehingga lebih mendorong peningkatan kinerja guru dan hasil belajar bidang studi ekonomi.(6) Bagi guru disarankan agar selalu berinovasi dalam meningkatkan kinerjanya melalui peningkatan kompetensi (pedagogik profesional kepribadian dan sosial) sesuai Undang-Undang Guru dan Dosen dan Standar Nasional Pendidikan. (7) Bagi peneliti berikutnya yang ingin mengkaji hal yang sama perlu memperhatikan keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian ini dan mengembangkan obyek penelitian yang lebih luas terkait dengan peningkatan kinerja guru dan hasil belajar (kinerja pendidikan).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64753

Actions (login required)

View Item View Item