Pengaruh pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Reading Questioning Answering (RQA) terhadap sikap sosial, keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep biologi untuk pendidikan multietnis pada siswa SMA di Ternate / Bahtiar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Reading Questioning Answering (RQA) terhadap sikap sosial, keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep biologi untuk pendidikan multietnis pada siswa SMA di Ternate / Bahtiar

Bahtiar (2015) Pengaruh pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Reading Questioning Answering (RQA) terhadap sikap sosial, keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep biologi untuk pendidikan multietnis pada siswa SMA di Ternate / Bahtiar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahtiar. 2014. Pengaruh Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Reading Questioning Answering (RQA) Terhadap Sikap Sosial Keterampilan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Biologi untuk Pendidikan Multietnis pada Siswa SMA di Ternate. Pembimbing (I) Prof. Dr.A.D. Corebima (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd (III) Dr. Endang Suarsini MS. Kata kunci TPS RQA strategi pembelajaran sikap sosial metakognisi pemahaman konsep multietnis. 12288 12288 12288 Realitas historis telah menunjukkan bahwa kejayaan Moloku Kie Raha pada abad silam karena adanya falsafah Marimoi Ngone Futuru (bersatu kita teguh) yang merupakan kearifan lokal untuk membangun jalinan persatuan antar etnik golongan dan agama dalam bingkai kemajemukan di Kota Ternate. Apabila asumsi bahwa terjadinya berbagai konflik sosial di tanah air antara lain karena kurangnya pemahaman dan penghargaan atas budaya etnik lain maka salah satu usaha menyikapinya adalah dengan mendidik masyarakat agar menghargai berbagai perbedaan budaya. Wujud pendidikan multietnis di antaranya dengan penerapan pembelajaran yang berbasis pada keberagaman etnis yang menjunjung nilai-nilai heterogenitas pluralitas dan keragaman. Penelitian ini bertujuan mengetahui potensi perpaduan strategi TPS dan RQA untuk menigkatkan sikap sosial keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep Biologi siswa SMA multietnis di Ternate. 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian Quasi experiment design dilakukan pada tiga SMA Negeri di Ternate pada semester ganjil T.A. 2012/2013 dengan menggunakan rancangan Pretest-Postest Control Group. Sebelum eksperimen terlebih dahulu dikembangkan Silabus RPP dan LKS yang telah disesuaikan dengan karakter strategi yang diterapkan yang mengakomodir upaya pembauran etnis antar siswa. Penelitian ini menggunakan tiga kelas eksperimen yaitu kelas berstrategi TPS RQA kelas yang berstrategi perpaduan TPS RQA dan satu kelas berstrategi konvensional. Etnis yang diamati adalah etnis lokal di antaranya etnis Makian Ternate dan Tidore. Teknik analisis data menggunakan uji ANACOVA. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan berpengaruh terhadap sikap sosial keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep biologi siswa SMA multietnis di Ternate. Etnis tidak berpengaruh terhadap sikap sosial keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep biologi siswa SMA mulitietnis di Ternate. Penerapan strategi pembelajaran biologi yang berstrategi TPS RQA berpotensi meningkatkan penguasaan konsep biologi keterampilan metakognisi dan membangun sikap sosial siswa yang terkait dengan kerukunan antar etnis. Strategi pembelajaran perpaduan TPS RQA merupakan strategi terbaik untuk semua etnis dalam meningkatkan sikap sosial siswa keterampilan metakognisi dan penguasaan konsep biologi dibandingkan dengan strategi TPS strategi RQA maupun strategi konvensional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64636

Actions (login required)

View Item View Item