Anwar, Rahmad Bustanul (2019) Pembentukan representasi skematis dalam menyelesaikan masalah matematis / Rahmad Bustanul Anwar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Anwar Rahmad Bustanul. 2018. Pembentukan Representasi Skematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematis. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (II) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (III) Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci Representasi Skematis Proses Representasi Skematis Murni dan Campuran Pemecahan Masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan representasi skematis dalam menyelesaikan masalah matematis. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Kota Metro Provinsi Lampung. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi instrumen utama dan instrumen bantu. Instrumen utama adalah peneliti sendiri sedangkan instrumen bantu meliputi lembar tugas pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan meminta siswa untuk menyelesaikan tugas pemecahan masalah dengan cara think aloud. Selama proses think aloud peneliti merekam mengamati dan mencatat hal-hal yang dianggap penting atau hal-hal yang belum peneliti pahami. Setelah siswa menyelesaikan masalah peneliti melakukan wawancara langsung untuk menelusuri proses berpikir siswa selama menyelesaikan masalah serta mengklarifikasi hal-hal yang belum diketahui oleh peneliti. Setelah diperoleh data kemudian dilakukan analisis data dengan tahap mentranskrip data mengode data mendeskripsikan data menyajikan data dan mengintepretasikan data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat dua proses dalam pembentukan representasi skematis yang disusun siswa selama menyelesaikan masalah matematis. Dua proses tersebut adalah 1) pembentukan representasi skematis murni dan 2) pembentukan representasi skematis campuran. Pembentukan representasi skematis murni dimulai dari a) membaca masalah secara berulang dan memberi penekanan pada tiap kalimat. b) mengidentifikasi setiap kalimat dengan cara menulis informasi penting dan menyusunnya menjadi sebuah skema. c) memunculkan gambar skema dengan menghubungkan informasi-informasi yang teridentifikasi. Gambar skema yang dimunculkan menggambarkan situasi dalam masalah sehingga siswa dapat memahami masalah. Gambar skema yang dihasilkan dari proses representasi skematis murni diwujudkan dalam bentuk kerangka atau garis besar informasi dari masalah. Proses tersebut menunjukkan bahwa representasi skematis murni dapat terbentuk pada saat proses memahami masalah. Pembentukan representasi skematis campuran dimulai dari a) membaca masalah secara berulang dan memberi penekanan pada setiap kalimat. b) mengidentifikasi informasi-informasi dengan cara menulis beberapa informasi penting atau memparafase isi dalam masalah menjadi kalimat yang mudah dipahami. Dengan mengidentifikasi informasi-informasi pada masalah siswa dapat memahami isi dari masalah. c) menghubungkan informasi-informasi yang teridentifikasi dengan membentuk skema. d) membuat gambar skema yang dilengkapi dengan gambar objek nyata yang diinformasikan di dalam masalah. Dengan membuat skema siswa dapat memperoleh solusi dalam menyelesaikan masalah. Gambar skema yang dihasilkan pada representasi skematis campuran diwujudkan dalam bentuk kerangka atau garis besar dari informasi dalam masalah yang dilengkapi dengan gambar objek nyata yang diinformasikan di dalam masalah. Proses tersebut menunjukkan bahwa representasi skematis campuran dapat terbentuk saat menyusun rencana.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64561 |
Actions (login required)
View Item |