Dominikus, Wara Sabon (2017) Etnomatematika adonara dan kaitannya denga matematikas sekolah / Wara Sabon Dominikus. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dominikus W.S 2016 Etnomatematika Adonara dan Kaitannya dengan Matematika Sekolah. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (II) Dr. Subanji M.Si. (III) Dr. Makbul Muksar M.Si. Kata Kunci Adonara Bilangan Basis Bilangan Etnomatematika Geometri Menghitung Mengukur Etnomatematika adalah pengetahuan matematika suatu kelompok sosiokultural masyarakat termasuk jargon kode simbol mitos bahasa bahkan cara-cara tertentu yang digunakan masyarakat untuk menalar dan menyimpulkan. Etnomatematika juga merupakan bagian dari penelitian tentang pengetahuan matematika atau matematika dalam suatu budaya dengan implikasi pedagogis fokus pada seni dan teknik dalam menghitung megukur menjelaskan dan memahami dalam menghadapi atau mengatasi lingkungan sosial budaya yang berbeda. Dalam lingkungan budaya yang berbeda akan berbeda pula etnomatematikanya. Matematika dan budaya merupakan dua hal yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Pada satu sisi matematika dibentuk oleh budaya dan pada sisi yang lain matematika digunakan sebagai alat untuk membentuk dan memajukan budaya. Dengan kata lain matematika tidak bebas dari budaya tetapi terikat dengan budaya. Matematika sebagai konstruksi sosial-budaya dan terkandung dalam aktivitas manusia sehingga dikatakan bahwa matematika adalah aktivitas manusia. Matematika atau pengetahuan matematika sesungguhnya sudah ada dalam setiap budaya sebagai suatu matematika beku (frozen mathematics). Dapat dikatakan bahwa matematika atau pengetahuan matematika terdapat dalam setiap budaya tertanam dalam setiap budaya dibentuk oleh setiap budaya dipengaruhi oleh budaya dan mempunyai bentuk tersendiri sesuai dengan kebutuhan lingkungan dan tujuan masyarakat. Dengan demikian matematika atau pengetahuan matematika dapat ditemukan dalam budaya Adonara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengeksplorasi mengidentifikasi dan mendeskripsikan pengetahuan matematika dalam budaya Adonara yaitu dalam bahasa budaya bercocok tanam tradisi perkawinan budaya menenun dan budaya menganyam yang disebut sebagai etnomatematika Adonara (2) mengidentifikasi dan mendeskripsikan hubungan antara etnomatematika Adonara dan matematika sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-eksploratif dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Subjek penelitian terdiri 24 orang masyarakat umum yang tersebar di 5 kecamatan dan 16 orang guru di dua sekolah dasar. Data penelitian dikumpulkan menggunakan observasi partisipatif wawancara tak terstruktur dan dokumentasi. Budaya Adonara yang menjadi fokus penelitian antara lain bahasa budaya bercocok tanam tradisi perkawinan budaya menenun dan budaya menganyam. Etnomatematika Adonara digali dan dideskripsikan menggunakan karaktersitik etnomatematika Bishop dan Hidden mathematics diidentifikasi berdasarkan konsep matematika. Identifikasi dan deskripsi kaitan antara etnomatematika Adonara dan matematika sekolah berdasarkan data wawancara dengan guru dan ruang lingkup matematika sekolah serta konten matematika dalam kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengetahuan matematika dalam budaya Adonara yang disebut sebagai etnomatematika Adonara antara lain bilangan dan basis bilangan penamaan waktu menghitung mengukur membandingkan dan mengurutkan menjelaskan geometri pola bilangan bilangan polindromik dan mengevaluasi dan memutuskan (2) sistim bilangan yang digunakan dalam budaya Adonara adalah sistem desimal atau basis 10 sebagai basis utama basis 4 dan basis 20 (vigesimal) (3) waktu satu hari dalam budaya Adonara dibagi atas 8 penggalan waktu siang hari dan 8 penggalan waktu malam hari. Pembagian waktu dan penamaan waktu ini berdasarkan posisi matahari kokok ayam dan aktivitas yang dilakukan (4) konsep matematika sekolah yang terkait dengan etnomatematika Adonara antara lain bilangan operasi hitung bilangan urutan bilangan pola bilangan barisan dan deret basis bilangan himpunan hubungan himpunan bentuk aljabar relasi dan fungsi pengukuran dan waktu satuan ukuran baku dan tak baku bangun datar dan sifat-sifat bangun datar simetri geometri transformasi refleksi rotasi dan translasi. logika dan penarikan kesimpulan. Kaitan antara etnomatematika Adonara dan matematika sekolah dikelompokkan menjadi 3 yaitu (1) etnomatematika Adonara yang mendukung matematika sekolah (2) etnomatematika Adonara yang menghambat matematika sekolah (3) etnomatematika Adonara yang tidak mempengaruhi matematika sekolah. Berdasarkan temuan penelitian ini maka perlu dilakukan penelitian tentang implementasi etnomatematika Adonara dalam pembelajaran matematika di sekolah. Dengan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika ini diharapkan siswa lebih termotivasi untuk belajar matematika dan sekaligus mengetahui dan menghargai budayanya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |