Tungka, Novalita Fransisca (2017) Developing multimodal book for comprehension in multimodal literacy / Novalita Fransisca Tungka. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Novalita Fransisca Tungka. 2016. Pengembangan Buku Multimodal untuk Mata Kuliah Pemahaman Bacaan berbahasa Inggris. Disertasi. Program Paska Sarjana. Universitas Negeri Malang. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Pembimbing (1) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (2) Prof. Ali Saukah M.A Ph.D. and (3) Dr. Suharmanto M.Pd. Kata Kunci Literasi Bacaan bersifat Multimodal Pemahaman Pembelajaran Multimedia Di era globalisasi saat ini informasi disampaikan secara multimodal dan dengan demikian menambah arti baru ke dalam pengertian tentang literasi dan praktek literasi itu sendiri. Untuk meningkatkan kemampuan literasinya di era globalisasi saat ini para pembelajar khususnya pembelajar Bahasa Inggris harus terlatih dalam memaknai informasi yang disampaikan dengan menggunakan multimodal. Untuk itu bacaan dengan format multimodal harus menjadi bagian dalam praktek pembelajaran literasi Bahasa Inggris di kelas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku multimodal untuk mata kuliah Pemahaman Bacaan bagi pembelajar Bahasa Inggris di universitas khususnya di tahapan pemahaman inferensial. Penelitian ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan para pembelajar akan bahan-bahan bacaan multimodal berbahasa Inggris yang dilengkapi dengan penjelasan tentang keterampilan-keterampilan pemahaman yang diperlukan dengan maksud agar para pembelajar menjadi lebih terlatih memahami isi bacaan multimodal berbahasa Inggris yang mereka jumpai sebagai mahasiswa di universitas dan kelak di dalam kehidupan profesional mereka. Buku multimodal ini dikembangkan dengan menggunakan kerangka pengembangan ADDIE dengan fase-fase yaitu Analisa Perancangan Pengembangan Penerapan dan Penilaian. Kerangka pengembangan ADDIE ini dipilih untuk memungkinkan peneliti mencapai tahapan penilaian buku ini ketika digunakan untuk memampukan para pembelajar menguasai kecakapan-kecakapan di tahapan pemahaman inferensial. Di dalam penelitian ini fase Analisa dan Perancangan dilakukan secara bertahap sedangkan fase Pengembangan Penerapan dan Penilaian dilakukan secara berkelanjutan. Buku ini kemudian disempurnakan melalui penilaian konfirmasi sebagai salah satu bagian dalam fase Penilaian. Buku ini bertujuan mengajarkan para pembelajar untuk menguasai kecakapan-kecakapan pemahaman yang dibutuhkan dalam literasi. Ada tujuh kecakapan pemahaman pada tahapan pemahaman inferensial yang diajarkan dalam buku ini yaitu (1) mengenali jenis dan tujuan informasi (2) mengajukan pertanyaan untuk tujuan yang berbeda-beda (3) mengenali topik ide dan detil-detil pendukung (4) membedakan fitur-fitur dalam jenis informasi dan tujuannya (5) mengenali pola penyampaian informasi (6) membedakan fakta dan pendapat dan (7) membuat inferensi. Keseluruhan kecakapan-kecakapan ini disusun mulai dari yang paling mudah sampai pada yang paling sukar. Setiap unit dalam buku ini memiliki tema yang berbeda dan tiap bacaan multimodal dalam unit ini membahas tema dengan berbeda. Tujuannya adalah memberikan banyak wawasan terkait tema tersebut dan pada saat yang sama untuk melatih kecakapan di unit tersebut. Dengan demikian para pembelajar akan semakin ahli dalam memahami berbagai informasi yang disampaikan secara multimodal. Seluruh bacaan dalam unit ini bersumber dari sumber-sumber publik di internet. Bacaan tersebut tersedia dalam format yang beragam seperti video animasi dilengkapi narasi suara trailer film infographic penggalan artikel dari majalah dan situs internet bacaan gambar-gambar iklan-iklan berformat video dan film-film animasi pendek. Seluruh bacaan ini ditampilkan dengan dua tujuan. Yang pertama adalah memberikan penjelasan dan menunjukkan cara menerapkan kecakapan tersebut. Yang kedua sebagai sumber latihan pemahaman membaca bagi para pembelajar. Bagian-bagian dalam tiap unit disusun dengan tujuan yang berbeda-beda pula. Bagian For Starter bertujuan memperkenalkan kecakapan kepada para pembelajar. Bagian What Is bertujuan menjelaskan kecakapan tersebut dimana penerapannya ditunjukkan secara jelas dalam bagian How To. Bagian Let s Practice dimaksudkan untuk mempraktekkan kecakapan dengan arahan pengajar yang diikuti dengan bagian Do The Activities yang dirancang bagi para pembelajar untuk berlatih kecakapan tersebut secara mandiri. Bagian terakhir dalam tiap unit adalah Check Your Progress yang dimaksudkan untuk mengontrol kemajuan pemahaman para pembelajar terkait kecakapan yang dipraktekkan tersebut. Buku ini telah diuji efektifitasnya lewat fase Penilaian. Hasil uji t untuk sampel independen menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai tes yang signifikan antara pembelajar yang menggunakan buku multimodal ini dengan pembelajar yang menggunakan buku multimodal lainnya. Kemudian Buku yang sudah direvisi sesuai dengan saran para pembelajar yang menggunakan buku ini kembali diuji. Hasil uji t untuk sampel berpasangan menunjukkan bahwa ada para pembelajar yang menggunakan buku multimodal ini mengalami peningkatan hasil tes yang signifikan setelah Buku tersebut direvisi. Dari hasil olah data kecakapan yang paling berhasil ditekankan dalam buku ini adalah kecakapan membedakan fitur-fitur dalam jenis informasi dan tujuannya yang memampukan para pembelajar mengenali fitur-fitur dalam mode tekstual visual dan audiovisual yang mendukung kesuksesan proses pemahaman informasi. Berdasarkan bukti-bukti tersebut buku multimodal ini kemudian bisa disempurnakan. Terkait dengan hasil uji efektifitas buku ini bisa lebih efektif membantu para pembelajar Universitas tingkat pemula ke menengah di tingkat Universitas untuk meningkatkan kemampuan mereka memahami informasi berformat multimodal sampai ke tahapan pemahaman inferensial daripada buku multimodal lainnya karena buku ini mendiskusikan kecakapan-kecakapan memahami informasi berbentuk audiovisual mode yang tidak ditawarkan oleh buku-buku multimodal lainnya. Produk ini dikembangkan dengan cara mengintegrasikan media-media seperti teks gambar dan video untuk menghadirkan informasi berformat multimodal dan mengembangkan instruksi literasi terpandu untuk meningkatkan kecakapan-kecakapan memahami isi informasi yang menjadi fokus dalam produk ini. Untuk itu disarankan kepada para peneliti di bidang pengembangan materi pembelajaran untuk menggunakan kerangka pengembangan ADDIE di dalam mengembangkan materi pembelajaran berformat multimodal untuk konteks pembelajaran lainnya. Para peneliti selanjutnya juga bisa mengembangkan materi pembelajaran yang mengajarkan kecakapan-kecakapan pemahaman di tahapan kritis atau kreatif dengan mengambil seting pembelajaran berbasis blended atau flipped. Kemudian para peneliti selanjutnya juga bisa mengembangkan instruksi terpandu untuk membantu para pembelajar memahami informasi berformat tekstual visual audiovisual audio dan audio-tekstual untuk meningkatkan kemampuan multiliterasi mereka.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64433 |
Actions (login required)
View Item |