Hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah, status sosial-ekonomi guru, iklim sekolah, dan moral kerja guru dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke - Papua Selatan / Basilius Redan Werang - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah, status sosial-ekonomi guru, iklim sekolah, dan moral kerja guru dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke - Papua Selatan / Basilius Redan Werang

Basilius Redan (2009) Hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah, status sosial-ekonomi guru, iklim sekolah, dan moral kerja guru dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke - Papua Selatan / Basilius Redan Werang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Werang Basilius Redan 2009. Hubungan Keterampilan Managerial Kepala Se-kolah Status Sosial-Ekonomi Guru Iklim Sekolah dan Moral Kerja Guru dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke. Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. MA. Ph.D. (2) Prof. Dr. Salladien (3) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd Kata kunci kepala sekolah status sosial-ekonomi guru iklim sekolah moral kerja guru kinerja guru. Guru memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Jika ada tuntutan bagi guru untuk mening-katkan kinerjanya hal itu terutama dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional dan pada gilirannya untuk membuat bangsa Indonesia seja-jar dengan bangsa-bangsa lain. Pernyataan tersebut mengisyaratkan tanggung ja-wab dari para guru yang sudah sejak lama berada di garis depan pendidikan. Seka-rang ini rendahnya kinerja guru banyak disoroti sebagai penyebab utama mero-sotnya mutu pendidikan nasional. Karena itu ada suatu kebutuhan yang mendesak untuk menemukan upaya dan strategi untuk meningkatkan kinerja guru demi memperbaiki proses belajar-mengajar di dalam kelas. Keterampilan manajerial ke-pala sekolah status sosial-ekonomi guru iklim sekolah dan moral kerja guru di-duga sebagai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) tingkat kualitas kinerja guru keterampilan manajerial kepala sekolah status sosial-ekonomi guru iklim sekolah dan moral kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke (2) hu-bungan langsung dan tidak langsung antara keterampilan manajerial kepala sekolah status sosial-ekonomi guru iklim sekolah dan moral kerja guru dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan rancangan penelitian deskriptif-korelasional. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran angket penelitian kepada para responden yang menjadi sampel penelitian. Data penelitian diolah dengan menggunakan ana-lisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kualitas kinerja guru keterampilan manajerial kepala sekolah status sosial-ekonomi guru iklim sekolah dan moral kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke berada dalam kategori tinggi. Sementara hasil analisis jalur menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0 05 atau taraf kepercayaan 95 % terdapat (1) hubungan langsung yang signifikan antara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan iklim SMA Negeri di Kabupaten Merauke (2) hubungan langsung yang signifikan antara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan moral kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke (3) hubungan langsung yang signifikan antara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke (4) hu-bungan tidak langsung antara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan mo-ral kerja guru melalui iklim SMA Negeri di Kabupaten Merauke (5) hubungan tidak langsung antara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru melalui iklim SMA Negeri di Kabupaten Merauke (6) hubungan tidak langsung antara keterampilan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru melalui moral kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke (7) hubungan langsung yang tidak signifikan antara iklim sekolah dengan moral kerja guru SMA Negeri di Kabupa-ten Merauke (8) hubungan langsung yang signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke (9) hubungan tidak langsung antara iklim sekolah dengan kinerja guru melalui moral kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke (10) hubungan langsung yang signifikan antara status sosial-ekonomi guru dengan moral kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke (11) hubungan langsung yang signifikan antara status sosial ekonomi guru dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke (12) hubungan langsung yang signifikan antara moral kerja guru dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke (13) hubungan tidak langsung antara status sosial-ekonomi guru dengan kinerja guru melalui moral kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke (14) hubungan antara keterampilan manajerial kepala sekolah status sosial-ekonomi guru iklim sekolah dan moral kerja guru secara bersama-sama dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran berikut hendaknya dipi-kirkan secara serius (1) Bagi Pemerintah Daerah sangat dianjurkan bagi pemerin-tah daerah Kabupaten Merauke untuk memikirkan secara serius dan bila perlu mengambil kebijakan daerah untuk membantu guru-guru meningkatkan status so-sial-ekonominya (2) Bagi Kepala Dinas Pendidikan Menengah Kabupaten Me-rauke sangat dianjurkan bagi Kepala Dinas Pendidikan Menengah untuk memi-kirkan secara serius dan bila perlu mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memfasilitasi kepala sekolah dan calon kepala sekolah untuk meningkatkan keterampilan manajerialnya (3) Bagi Kepala Sekolah sangat dianjurkan bagi kepala sekolah SMA Negeri di Kabupaten Merauke untuk secara serius memoti-vasi diri untuk meningkat keterampilan manajerialnya (4) Bagi Guru-guru sangat diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat menjadi masukan untuk membenahi diri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya guna meningkatkan tujuan pendidikan nasional dan pada gilirannya menjadikan bangsa Indonesia setara de-ngan bangsa-bangsa lain (5) Bagi Manajemen Pendidikan temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan referensi yang relevan khu-susnya yang berkaitan dengan korelasi antara iklim sekolah dan morale kerja guru (6) Bagi Peneliti Lain sangat diharapkan bagi peneliti berikutnya untuk mengkaji juga variabel-variabel lain yang mungkin saja berpengaruh terhadap kinerja guru misalnya perilaku kepala sekolah motivasi kerja guru dan profesio-nalisme guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64073

Actions (login required)

View Item View Item