Pengembangan model manajemen pelatihan pendidikan seni budaya bagi guru SD / Warih Handayaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model manajemen pelatihan pendidikan seni budaya bagi guru SD / Warih Handayaningrum

Handayaningrum, Warih (2013) Pengembangan model manajemen pelatihan pendidikan seni budaya bagi guru SD / Warih Handayaningrum. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model manajemen pelatihan pendidikan seni budaya guru SD kelas awal Berdasarkan penelitian awal di SD saat pelatihan seni di Batu serta angket yang diisi oleh guru SD saat PLPG tahun 2011di Tuban ditemukan adanya permasalahan pembelajaran seni budaya saat ini dari aspek guru tidak semua sekolah memiliki guru seni tidak semua guru seni budaya mempunyai latar pendidikan seni. Dari paradigma guru ada mis konsepsi terhadap pendidikan seni yaitu pendidikan seni dianggap mendidik anak jadi seniman. Mata pelajaran seni budaya tidak dianggap penting dan sebagai pelengkap pengalaman di lapangan. Masih berpusat pada guru karena referensi terbatas belum mengoptimalkan lingkungan dan belum mengembangkan kreativitas anak. Akhirnya out put hanya aspek kognitif berorientasi hasil bukan proses kreativitas siswa rendah. Dari permasalahan di atas Dinas Pendidikan kota maupun Provinsi telah mengadakan pelatihan. Namun ada permasalahan dalam penyelenggaraan pelatihan yaitu dari paradigma bahwa pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mencipta karya seni sehingga fokus pelatihan adalah keterampilan seni rekrutmen guru SD juga yang mempunyai keterampilan seni guru SD yang demikian jumlahnya terbatas out put menguasai keterampilan seni dan bisa mencipta seni yang diperuntukkan lomba atupun festival bukan membelajarkan seni budaya di SD. Berangkat dari sinilah diperlukan adanya pengembangan model pelatihan. Berdasarkan hasil penelitian awal maka pengembangan produk awal dalam penelitian ini menghasilkan buku model manajemen pelatihan buku materi pelatihan pendidikan seni budaya bagi guru SD Menurut Borg dan Gall dan Puslitjaknov ada lima langkah untuk menghasilkan produk sebagai berikut (1) Melakukan analisis produk dengan mengadakan penelitian dan pengumpulan data awal (2) Mengembangkan produk awal (3) Validasi ahli dan revisi (4) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk (4) Uji coba skala besar dan produk akhir. Produk divalidasi oleh ahli pelatihan yaitu Prof. Dr. Mundzir M.Pd Guru Besar Pendidikan Luar Sekolah UM Prof. Dr. Roesminingsih M.Pd Guru Besar Pendidikan Luar Sekolah Unesa. Validasi ahli bidang seni yaitu Dr. Djuli Djatiprambudi M.Sn dosen seni Unesa dan Drs. Hadjar Pamadhi M.A dosen seni UNY. Validasi ahli pembelajaran. Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd Guru Besar Teknologi Pembelajaran UM dan Prof. Dr. H. Muhamad Nur Guru Besar Pembelajaran Unesa. Pada validasi putaran 1 difokuskan pada kualitas isi tulisan sehingga revisi produk berdasarkan masukan ahli. Validasi pada putaran 2 difokuskan pada tingkat kemanfaatan sistematika tingkat kejelasan tingkat keterbacaan tingkat kemudahan kemutakhiran keenam ahli memberikan penilaian dikategori tinggi dan sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63905

Actions (login required)

View Item View Item