Kempa, Rudolf (2009) Hubungan perilaku kepemimpinan, keterampilan manajerial, manajemen konflik, daya tahan stres kerja guru dengan kinerja guru SD Negeri di Kota Ambon / Rudolf Kempa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Peningkatan mutu pendidikan nasional merupakan suatu tujuan untuk mensejajarkan Indonesia dengan negara-negara lain. Tujuan ini akan terpenuhi bila proses pendidikan mampu menghasilkan SDM yang handal. Pernyataan dimaksud tentu menjadi tanggung jawab banyak pihak terutama dunia pendidikan di mana ujung tombaknya adalah guru. Guru adalah sebuah profesi intelektual yang menuntut berbagai kecakapan kompetensi dan kemampuan komprehensif. Kondisi dewasa ini belum menunjukkan harapan yang maksimal sehingga masih diperlukan berbagai upaya dan strategi yang tepat guna meningkatkan kinerja guru dengan harapan akan berdampak pada peningkatan pembelajaran di kelas. Perilaku kepemimpinan kepala sekolah keterampilan manajerial kepala sekolah manajemen konflik dan daya tahan stres kerja guru merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap kinerja guru di SD Negeri Kota Ambon. Tujuan penelitian adalah (1) menggambarkan hubungan antar variabel baik langsung maupun tidak langsung antara perilaku kepemimpinan keterampilan manajerial manajemen konflik daya tahan stres kerja guru dengan kinerja guru SD Negeri di Kota Ambon (2) mengetahui seberapa besar hubungan masing-masing variabel baik langsung maupun tidak langsung. Untuk memperoleh tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tekni pengumulan data random sampling. Teknik Analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data deskriptif dan structural equestion models (SEM). Hasil analisis diskriptif menunjukkan bahwa semua variabel termasuk dalam katagori cukup baik. Selanjutnya berdasarkan analisis SEM dengan taraf kepercayaan 95% disimpulkan bahwa (1). Terdapat hubungan langsung antara perilaku kepemimpinan dengan keterampilan manajerial kepala SD Negeri di Kota Ambon (2) Terdapat hubungan langsung antara perilaku kepemimpinan dengan manajemen konflik di SD Negeri Kota Ambon (3) Terdapat hubungan langsung antara perilaku kepemimpinan dengan daya tahan stres kerja guru SD Negeri di Kota Ambon (4) Terdapat hubungan langsung antara keterampilan manajerial dengan manajemen konflik di SD Negeri di Kota Ambon (5) Terdapat hubungan langsung keterampilan manajerial dengan daya tahan stres kerja guru di SD Negeri Kota Ambon (6) Terdapat hubungan langsung antara keterampilan manajerial dengan kinerja guru di SD Negeri di Kota Ambon (7) Tidak terdapat hubungan langsung antara manajemen konflik dengan daya tahan stres kerja guru di SD Negeri Kota Ambon (8) Terdapat hubungan langsung antara manajemen konflik dengan kinerja guru di SD Negeri Kota Ambon (9) Terdapat hubungan langsung antara daya tahan stres kerja guru dengan kinerja guru di SD Negeri Kota Ambon (10) Terdapat hubungan tak langsung antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan manajemen konflik melalui keterampilan manajerial di SD Negeri Kota Ambon (11) Terdapat hubungan tak langsung antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan daya tahan stres kerja guru melalui keterampilan manajerial dan manajemen konflik di SD Negeri di Kota Ambon (12) Terdapat hubungan tak langsung antara perilaku kepemimpinan dengan kinerja guru melalui keterampilan manajerial manajemen konflik dan daya tahan stres kerja guru di SD Negeri Kota Ambon (13) Tidak terdapat hubungan tak langsung antara keterampilan manajerial dengan daya tahan stres kerja guru melalui manajemen konflik di SD Negeri Kota Ambon (14) Terdapat hubungan tak langsung antara keterampilan manajerial dengan kinerja guru melalui manajemen konflik dan daya tahan stres kerja guru di SD Negeri Kota Ambon dan (15) Tidak terdapat hubungan tak langsung antara manajemen konflik dengan kinerja guru melalui daya tahan stres kerja guru di SD Negeri Kota Ambon. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) Kepala Sekolah kiranya hasil penelitian ini hendaknya dijadikan bahan informasi yang berguna dalam rangka memperbaiki perilaku kepemimpinan keteranpilan manajerial dan dapat mengendalikan konflik yang terjadi di sekolah sehingga para guru terhindar dari stres serta tetap berupaya meningkatkan kinerja mereka (2) Guru kiranya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk lebih memperbaiki diri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diembankan sehingga terjadi peningkatan profesionalisme diri sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (3) Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Ambon kiranya hasil penelitian ini hendaknya dijadikan bahan informasi untuk dipertahankan bahkan disikapi untuk dikembangkan terhadap penilaian kinerja kepala sekolah maupun guru sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya. (4) Peneliti dalam penelitian ini masih banyak hal yang terkait dengan kinerja guru namun belum disentuh sehingga perlu dilakukan penelitian lanjut disarankan terutama bagi mereka yang berminat untuk mengkaji perilaku kepemimpinan keterampilan manajerial manajemen konflik dan daya tahan stres kerja guru agar dapat menggunakan variabel-variabel lain yang yang lebih luas yang mungkin saja mempengaruhi kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63803 |
Actions (login required)
View Item |