Pengaruh blended learning station-rotation (kooperatif vs kompetitif) dan gaya kognitif, terhadap keterampilan intelektual manajemen konstruksi / Gde Agus Yudha Prawira Adistana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh blended learning station-rotation (kooperatif vs kompetitif) dan gaya kognitif, terhadap keterampilan intelektual manajemen konstruksi / Gde Agus Yudha Prawira Adistana

Adistana, Gde Agus Yudha Prawira (2016) Pengaruh blended learning station-rotation (kooperatif vs kompetitif) dan gaya kognitif, terhadap keterampilan intelektual manajemen konstruksi / Gde Agus Yudha Prawira Adistana. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adistana Gde Agus Yudha Prawira 2015. Pengaruh Blended Learning Station-rotation (Kooperatif Vs Kompetitif) dan Gaya Kognitif terhadap Keterampilan Intelektual Manajemen Konstruksi. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. (II) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo M.Pd. (III) Dr. Sulton M.Pd. Kata kunci Blended learning kooperatif kompetitif gaya kognitif keterampilan intelektual Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keampuhan model blended learningstation-rotation dan pengaruh gaya kognitif dalam meningkatkan perolehan belajar keterampilan intelektual manajemen konstruksi. Selain itu penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji adanya interaksi antara blended learningstation-rotation dan gaya kognitif terhadap perolehan belajar keterampilan intelektual manajemen konstruksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan faktorial (2x2) versi non equivalent control design. Adapun subjek penelitian adalah mahasiswa Politeknik Negeri Malang jurusan teknik sipil semester IV tahun pembelajaran 2014-2015. Subjek penelitian terdiri dari 4 kelas yang terbagi menjadi 2 kelas eksperimen (49 partisipan) dan 2 kelas kontrol (48 partisipan). Selanjutnya hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan tiga hal. Pertama ada perbedaan perolehan belajar keterampilan intelektual manajemen konstruksi antara mahasiswa yang menggunakan model blended learning station-rotation kooperatif dan model blended learning station-rotation kompetitif (F 11 481 p 0 001). Kedua tidak ada perbedaan perolehan belajar keterampilan intelektual manajemen konstruksi antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependence dan field independence (F 0 199 p 0 658). Ketiga tidak ada pengaruh interaksi antara model blended learning station-rotation dan gaya kogntiif(F 0 795 p 0 377). Berdasarkan hasil penelitian maka direkomendasikan untuk pembelajaran ditingkat mahasiswa atau pada perguruan tinggi sebaiknya menggunakan model pembelajaran blended learning station-rotation kooperatif yang tentunya membutuhkan pengelolaan dari dosen dengan menerapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan. Untuk itu dosen perlu mengembangkan diri untuk mampu merancang dan mengelola model pembelajaran blended learning dengan memadukan antara komponen tatap muka dan online yang efektif dan efisien serta mampu mengakomodasi proses belajar yang bersifat kooperatif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63666

Actions (login required)

View Item View Item