Pengaruh strategi SQ4R tipe bantuan multimedia VS buku teks, pengetahuan awal dan gaya belajar Kolb terhadap hasil belajar bahasa Inggris teknik / Meiti Leatemia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi SQ4R tipe bantuan multimedia VS buku teks, pengetahuan awal dan gaya belajar Kolb terhadap hasil belajar bahasa Inggris teknik / Meiti Leatemia

Leatemia, Meiti (2013) Pengaruh strategi SQ4R tipe bantuan multimedia VS buku teks, pengetahuan awal dan gaya belajar Kolb terhadap hasil belajar bahasa Inggris teknik / Meiti Leatemia. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Leatemia Meiti 2013. Pengaruh Strategi SQ4R Tipe Bantuan Multimedia vs Buku Teks Pengetahuan Awal dan Gaya Belajar Kolb Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Teknik. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr.I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd (2) Prof. Dr. Wayan Ardhana M.A (3) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata- kata kunci Strategi SQ4R multimedia pengetahuan awal gaya belajar hasil belajar Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dapat memudahkan pebelajar menerima pengetahuan akademik dan ketrampilan yang dipelajari dengan lebih baik. Salah satu dimensi dalam strategi pembelajaran adalah strategi penyajian yang sangat penting dalam menyajikan materi kepada pebelajar dan cara untuk menerima input dari pebelajar tentang apa yang dipelajari. Penyajian Strategi Survey Questions Read Recite Write Review (SQ4R) tipe bantuan multimedia merupakan salah satu strategi yang direkomendasikan dan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris Teknik berkaitan dengan pembelajaran (intergrated skills) ketrampilan bahasa yang terintegrasi yakni reading listening writing dan speaking. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penyajian strategi SQ4R tipe bantuan multimedia versus buku teks pengetahuan awal dan gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Inggris Teknik. Strategi SQ4R tipe bantuan bertindak sebagai independen dengan dua perlakuan yaitu tipe bantuan multimedia dan buku teks. Gaya belajar Kolb yang dipilih adalah gaya belajar diverger dan assimilator berdasarkan hasil tes subjek penelitian yang lebih dominan serta pengetahuan awal rendah dan tinggi bertindak sebagai variabel moderator. Strategi SQ4R tipe bantuan multimedia dan buku teks dilakukan dikelas dengan subjek penelitian adalah mahasiswa teknik Sipil dan Mesin Politeknik Negeri Ambon semester tiga tahun akademik 2011-2012. Desain eksperimennya menggunakan desain eksperimen kuasi versi faktorial (2 x 2 x 2) pre test- post test nonequivalent control group design dengan 96 mahasiswa dijadikan subjek penelitian yang dikelompokkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara random. Data yang dikumpulkan dianalisi dengan menggunakan statistik ANOVA tiga jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5% atau 945 0 05 dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Bahasa Inggris Teknik antara kelompok yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi SQ4R tipe bantuan multimedia dan kelompok SQ4R tipe bantuan buku teks (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Bahasa Inggris Teknik antara kelompok pebelajar yang memiliki pengetahuan awal tinggi dan kelompok pebelajar yang memiliki pengetahuan awal rendah (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajar yang memiliki gaya belajar diverger dan pembelajar yang memiliki gaya belajar assimilator (4) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi SQ4R tipe bantuan dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar Bahasa Inggris Teknik (5) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi SQ4R tipe bantuan dengan gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Inggris Teknik (6) ada pengaruh interaksi antara pebelajar yang memiliki tingkat pengetahuan awal tinggi dan rendah dengan gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Inggris Teknik dan (7) ada pengaruh interaksi antara strategi SQ4R tipe bantuan pengetahuan awal dan gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Inggris Teknik. Berdasarkan temuan penelitian ini beberapa saran disampaikan antara lain (1) pembelajar bahasa Inggris menerapkan strategi SQ4R tipe bantuan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris Teknik (2) pebelajar perlu mengetahui pengetahuan awal pebelajar dan memahami ragam perbedaan gaya belajar kharakteristik dan latar belakang pebelajar agar dapat memilihi strategi pembelajaran yang sesuai sehingga pebelajar lebih termotivasi kreatif dan mandiri mengakibatkan pembelajaran lebih bermakna dalam meningkatkan hasil belajar (3) Sebagai kontribusi bagi bidang teknologi pembelajaran khususnya perbaikan desain pembelajaran yang inovatif kreatif memodifikasi strategi pembelajaran klasik dengan multimedia (4) hasil temuan penelitian ini dapat menjadi referensi dan kontribusi pekembangan metodologi pembelajaran demi perbaikan mutu hasil belajar yang lebih baik. Sebagai saran penelitian lanjut (1) pengaruh strategi SQ4R tipe bantuan multimedia diversuskan dengan blended learning (online) dengan kharakteristik pebelajar seperti intelegensi motivasi self-reference sebagai variabel moderator (2) dapat menggunakan strategi SQ4R tipe bantuan multimedia Bahasa Inggris untuk pebelajar pada jurusan lain seperti bisnis dan akuntansi (3) Menggunakan gaya belajar lain seperti visual vs verbal atau sequential vs global.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63602

Actions (login required)

View Item View Item