Pengaruh strategi pembelajaran Blended Learning (individu vs kelompok) dan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep dan penerapan prosedur matematika / Yunia Mulyani Azis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran Blended Learning (individu vs kelompok) dan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep dan penerapan prosedur matematika / Yunia Mulyani Azis

Aziz, Yunia Mulyani (2013) Pengaruh strategi pembelajaran Blended Learning (individu vs kelompok) dan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep dan penerapan prosedur matematika / Yunia Mulyani Azis. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Azis Y.M. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning (Individu vs Kelompok) dan Pengetahuan Awal terhadap Pemahaman Konsep dan Penerapan Prosedur Matematika. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Pd. M.Ed (III) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng. M.Pd. Kata-kata kunci blended learning pengetahuan awal pemahaman konsep dan penerapan prosedur matematika. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Penyelenggaraan mata kuliah matematika di jurusan ekonomi bertujuan untuk memperkuat pondasi mahasiswa sebagai dasar bagi mata kuliah lainnya seperti ekonomi mikro ekonomi makro metode penelitian statistik dan lainnya. Hasil observasi yang dilakukan peneliti menunjukkan masih banyak mahasiswa yang lemah dalam kemampuan pemahaman konsep dan penerapan prosedur matematika walaupun mahasiswa tersebut telah menempuh mata kuliah matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran yang salah satunya adalah menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa seperti pengetahuan awal. Strategi pembelajaran yang dapat menjembatani permasalahan di atas salah satunya adalah strategi pembelajaran blended learning karena melalui strategi pembelajaran ini pembelajar selain mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada pengajar pembelajar juga dapat meningkatkan kemampuan belajarnya melalui sumber belajar yang lebih luas lagi yaitu internet. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh strategi pembelajaran blended learning (individu vs kelompok) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penerapan prosedur matematika khususnya materi fungsi linier (2) perbedaan hasil belajar mahasiswa berdasarkan tingkat pengetahuan awal (tinggi dan rendah) dan (3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran blended learning dan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep dan penerapan prosedur matematika materi fungsi linier. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental dengan menggunakan rancangan eksperimen faktorial 2 x 2 . Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Manajemen STIE EKUITAS Bandung semester 3 yang mengambil mata kuliah matematika. Sampel penelitian sebanyak 87 orang yang dipilah menjadi 2 kelas yaitu 43 orang untuk kelas dengan strategi pembelajaran blended learning secara individu dan 47 orang untuk kelas dengan strategi pembelajaran blended learning secara kelompok. Data penelitian dikumpulkan dengan cara melakukan tes pengetahuan awal tes pemahaman konsep matematika dan tes penerapan prosedur matematika. Data dianalisis dengan dua cara yaitu deskriptif dan inferensial dengan menggunakan Manova faktorial 2 x 2. Teknik analisis menggunakan software IBM SPSS versi 17 for Windows dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5%. 12288 12288 12288 Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep yang signifikan antara kelas strategi pembelajaran blended learning individu dan strategi pembelajaran blended learning kelompok (2) ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep yang signifikan antara mahasiswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi dan pengetahuan awal rendah (3) ada pengaruh interaksi antara cara pelaksanaan strategi pembelajaran blended learning dan pengetahuan awal terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi fungsi linier (4) ada perbedaan penerapan prosedur yang signifikan antara kelas strategi pembelajaran blended learning individu dan strategi pembelajaran blended learning kelompok (5) ada perbedaan kemampuan penerapan prosedur yang signifikan antara mahasiswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi dan pengetahuan awal rendah dan (6) ada pengaruh interaksi antara cara pelaksanaan strategi pembelajaran blended learning dan pengetahuan awal terhadap penerapan prosedur matematika materi fungsi linier. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran blended learning secara kelompok memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran blended learning secara individu. Akan tetapi pengaruh tersebut tidak sama pada mahasiswa yang memiliki pengetahuan awal berbeda.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63601

Actions (login required)

View Item View Item