Prasetya, Sukma Perdana (2013) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan pengajaran langsung terhadap hasil belajar penginderaan jauh ditinjau dari gaya belajar siswa SMA kelas XII IPS / Sukma Perdana Prasetya. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci strategi pembelajaran pembelajaran berbasis masalah pengajaran langsung gaya belajar hasil belajar penginderaan jauh Penelitian ini bertujuan (1) menguji perbedaan hasil belajar penginderaan jauh antara siswa yang melaksanakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pengajaran langsung (2) menguji perbedaan hasil belajar penginderaan jauh antara siswa yang memiliki gaya belajar auditorial visual dan kinestetik (3) menguji pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar penginderaan jauh. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 3 x 2. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas XII IPS di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya dan di SMA Terpadu YPP Nurul Huda Surabaya. Pemilihan subjek berdasarkan teknik cluster random sampling. Subjek terdiri dari Kelas XII IPS1 dan XII IPS2 di SMA Muhammadiyah Surabaya yang berjumlah 60 siswa sebagai kelompok eksperimen (penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah) dan Kelas XII IPS1 dan XII IPS2 di SMA Terpadu YPP Nurul Huda Surabaya yang berjumlah 60 siswa sebagai kelompok kontrol (penerapan strategi pengajaran langsung). Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk uraian dan data gaya belajar dikumpulkan dengan angket gaya belajar. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anava) dua jalur dengan menggunakan taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar penginderaan jauh antara kelompok siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan pengajaran langsung (Fhitung 6 815 p 0 010.) (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar penginderaan jauh antara kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual auditori dan kinestetik (Fhitung 6.173 p 0 03) dan (3) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar penginderaan jauh (Fhitung 3.426 p 0 036). Berdasarkan temuan penelitian ini disarakan agar (1) guru perlu mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa untuk dapat menciptakan komunikasi yang baik antara guru dan siswa dan menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar (2) dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis masalah guru perlu menyajikan bahan ajar berupa masalah yang harus dipecahkan oleh siswa intervensi yang diberikan harus minimal ketika benar-benar dibutuhkan siswa agar intervensi yang dilakukan efektif perlu mengetahui pengetahuan awal siswa (prior knowledge) dan mempertimbangkan berbagai alternatif solusi masalah yang berada dalam koridor pengetahuan siswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Apr 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63599 |
Actions (login required)
View Item |