Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik kelas III SD tema Energi dan Perubahannya subtema Perubahan Ebergi / Almia Novianti Rusma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik kelas III SD tema Energi dan Perubahannya subtema Perubahan Ebergi / Almia Novianti Rusma

Rusma, Almia Novianti (2016) Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik kelas III SD tema Energi dan Perubahannya subtema Perubahan Ebergi / Almia Novianti Rusma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rusma Almia Novianti. 2016. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Saintifik Kelas III SD Tema Energi dan Perubahannya Subtema Perubahan Energi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M.Pd (II) Drs. Dimyati S.Pd M.Pd Kata Kunci pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik kelas III SD. Karakteristik RPP sesuai Kurikulum 2013 yaitu diterapkannya pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas III SDN Sawojajar 2 Kota Malang pada 13 Januari dan 3 Februari 2016 didapatkan informasi bahwa guru mengalami kesulitan merancang langkah pembelajaran dalam RPP Tema Energi dan Perubahannya Subtema Perubahan Energi sesuai jenis kegiatan dalam pendekatan saintifik. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan pengembangan RPP berbasis saintifik yang dapat digunakan guru sebagai contoh dalam mengembangkan RPP. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan RPP yang dinyatakan valid oleh ahli pembelajaran SD dan menghasilkan RPP yang layak diterapkan pengguna (guru dan siswa). Penelitian ini termasuk jenis penelitian dengan model ASSURE (Analyze Learners State Objective Select Methods Media and Materials Utilize Media and Materials Require Learner Participation Evaluate and Revise). Validasi produk dilakukan oleh 1 orang ahli pembelajaran SD 4 guru kelas III SD serta uji coba pada 27 siswa kelas III SDN Ciptomulyo 1 Kota Malang dan 30 siswa kelas III SDN Sawojajar 2 Kota Malang. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli angket keterbacaan RPP untuk guru lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan soal evaluasi. Hasil yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil validasi ahli pembelajaran SD yaitu sebanyak 95 19% dinyatakan sangat valid sesuai dengan aspek penilaian yang telah ditentukan. Keterbacaan produk oleh guru yaitu sebanyak 94 98% dinyatakan sangat valid sesuai dengan aspek penilaian yang ditentukan. Keterterapan produk oleh guru yaitu sebanyak 95 13% dinyatakan sangat valid sesuai dengan aspek penilaian yang ditentukan. Rata-rata nilai evaluasi siswa selama uji coba produk yaitu 88 74. Rata-rata hasil evaluasi siswa tersebut berada pada kriteria tuntas sehingga dapat dinyatakan bahwa produk efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu produk yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Saran untuk pemanfaatan produk yaitu jika akan digunakan sebaiknya dikaji terlebih dahulu oleh guru untuk disesuaikan dengan situasi dan kondisi kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6352

Actions (login required)

View Item View Item