Keefektifan konseling resolusi konflik untuk menyelesaikan konflik interpersonal pada siswa sekolah menengah atas / Budi Purwoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling resolusi konflik untuk menyelesaikan konflik interpersonal pada siswa sekolah menengah atas / Budi Purwoko

Purwoko, Budi (2015) Keefektifan konseling resolusi konflik untuk menyelesaikan konflik interpersonal pada siswa sekolah menengah atas / Budi Purwoko. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwoko Budi. 2014. Keefektifan Konseling Resolusi Konflik untuk Menyelesaaikan Konflik Interpersonal pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Johana Endang Prawitasari Ph.D. (II) Dr. H. Adi Atmoko M.Si. (III) Dr. Dany M. Handarini M.A. Kata Kunci konseling resolusi konflik konflik interpersonal siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menguji keefektifan konseling resolusi konflik (KRK) untuk menyelesaikan konflik interpersonal siswa SMA secara konstruktif. Kriteria keefektifan didasarkan pada peningkatan empat indikator yang melingkupi (1) persepsi positif terhadap konflik (2) sikap kolaboratif menghadapi konflik (3) cara menyelesaikan konflik dengan konstruktif serta (4) hasil penyelesaian konflik yang konstruktif. Penerapan KRK mencakup langkah-langkah yang meliputi (1) pembinaan hubungan (2) pemahaman masalah konflik interpersonal (3) penguatan persepsi dan sikap kolaboratif (4) kepemilikan keterampilan resolusi konflik konstruktif serta (5) penerapan resolusi konflik dan pengakhiran. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian menggunakan randomized controlled trials triple blinding. Subyek penelitian sebanyak 24 siswa dengan konflik interpersonal berpola menang-kalah ataupun kalah-kalah . Mereka terbagi dalam 12 siswa pada kelompok eksperimen serta 12 siswa pada kelompok kontrol melalui random allocation. Siswa kelompok eksperimen dikenai konseling resolusi konflik sedangkan siswa kelompok kontrol dikenai konseling sebagaimana biasa. Subyek pada kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen diberikan pretes maupun postes yang mencakup (1) inventory persepsi konflik (IPK) (2) skala sikap menghadapi konflik (SSMK) (3) inventory cara menyelesaikan konflik (ICMK) dan (4) angket hasil solusi konflik (AHSK). 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan uji statistik ancova diketahui bahwa konseling resolusi konflik dapat meningkatkan (1) persepsi positif terhadap konflik (2) sikap kolaboratif menghadapi konflik (3) cara menyelesaikan konflik dengan konstruktif serta (4) hasil penyelesaian konflik yang konstruktif. Kesimpulannya konseling resolusi konflik efektif menyelesaikan konflik interpersonal pada siswa SMA dibandingkan dengan konseling sebagaimana biasa. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil dan temuan penelitian direkomendasikan bahwa (1) konselor sekolah dapat menggunakan KRK sebagai alternatif konseling dalam menyelesaikan konflik interpersonal siswa (2) sekolah dapat memfasilitasi konselor agar menguasai serta menggunakan KRK sebagai layanan penyelesaian konflik interpersonal (3) Prodi Bimbingan dan Konseling dapat mengevaluasi memperbaiki serta memanfaatkan produk penelitian dalam kajian teoritik maupun praktik yang dapat dimanfaatkan mahasiswa calon konselor (5) Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia dapat memanfaatkan KRK dalam kajian isu-isu strategis maupun kebijakan profesi terkait pemanfaatan KRK (6) rekomendasi peneliti lanjutan diantaranya perlu menggandeng variabel budaya dalam konteks konflik memperluas ruang lingkup sasaran konflik dari tataran mikro maupun makro. Dalam hal metode penelitian direkomendasikan bahwa diperlukan kajian tentang bagaimana proses wawancara KRK dapat mengubah persepsi sikap serta kecakapan konseli diperlukan penelitian yang dapat memodifikasi perlakuan KRK diperlukan penelitian yang mengendalikan variabel-variabel pengaruh secara ketat diperlukan perluasan kancah penelitian penambahan jumlah serta variasi subyek pengumpulan data maupun analisis data yang lebih bervariatif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63504

Actions (login required)

View Item View Item