Pengaruh model piranti olah pikir-emosi (model POP-E) terhadap kepedulian sosial siswa SMA / IM Hambali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model piranti olah pikir-emosi (model POP-E) terhadap kepedulian sosial siswa SMA / IM Hambali

Hambali, IM (2013) Pengaruh model piranti olah pikir-emosi (model POP-E) terhadap kepedulian sosial siswa SMA / IM Hambali. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model POP-E Kepedulian Sosial Siswa SMA. Kepedulian sosial termasuk salah satu karakter kebajikan yang harus ditumbuh-kembangkan oleh setiap individu usia sekolah. Seseorang yang memiliki nilai kepedulian sosial yang baik dapat menerima dan diterima orang banyak nyaman bersamanya atas dasar kebersamaan dan saling percaya untuk menjunjung nilai kemanusiaan. Sejumlah fakta menunjukkan bahwa banyak terjadi serangkaian peristiwa yang menggambarkan rendahnya kepedulian sosial yang mengakibatkan rusaknya pranata sosial seperti perkelaian tindak kekerasan dan sebagainya. Penelitian ini merupakan penerapan model Piranti Olah Pikir-Emosi (POP-E) dalam bimbingan kelompok REBT untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penerapan model POP-E dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam penelitian ini digunakan rancangan Randomized Controlled Trials Design. Partisipan berjumlah 118 orang siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok eksperimen dan 2 kelompok kontrol. Kepedulian sosial diukur dengan menggunakan skala peduli sosial. Keefektifan penerapan model POP-E dilihat dari hasil uji beda kepedulian sosial antara siswa yang diberi bimbingan kelompok REBT berbasis model POP-E dengan siswa yang diberi bimbingan kelompok non POP-E. Berdasarkan analisis data ditemukan hasil (1) penerapan model POP-E dalam bimbingan kelompok dapat dilaksanakan sesuai dengan teknik dan prinsip yang disyaratkan (2) model POP-E dalam bimbingan kelompok efektif meningkatkan kepedulian sosial siswa yang ditunjukkan oleh (a) hasil uji beda tes akhir kepedulian sosial antara kelompok eksperimen 1 dan kelompok kontrol 1 diketahui t 3 673 Sig. 0 000 yang berarti ada perbedaan yang signifikan hasil tes akhir kepedulian sosial antara kelompok eksperimen 1 dengan kelompok kontrol 1 (b) hasil uji beda (t-student) antara tes akhir kepedulian sosial kelompok eksperimen 2 dan kelompok kontrol 2 diketahui t 5 238 sig 0 00 yang berarti ada perbedaan yang signifikan hasil tes akhir kepedulian sosial antara kelompok eksperimen 2 dengan kelompok control 2 (c) hasil uji beda (t-student) antara tes akhir kepedulian sosial kelompok eksperimen total dan kelompok kontrol total diketahui t 6 464 sig 0 00 yang berarti ada perbedaan yang signifikan hasil tes akhir kepedulian sosial antara kelompok eksperimen total dengan kelompok kontrol total.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63498

Actions (login required)

View Item View Item