Budiman (2017) Pengembangan permainan edukatif "Jaq Jem Mai Mao" berbasis kearifan budaya lokal untuk TK di Lombok / Budiman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Budiman.2017. Pengembangan permainan edukatif Jaq Jem Mai Mao Berbasis Kearifan Budaya Lokal di Lombok.Tesis PascasarjanaPendidikan Dasar UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulthoni M.Pd. (II) Dr. MoeljadiPranata M.Pd. Kata kunci pengembangan permainanedukatif kearifanbudayalokal pembelajaranintegratifterpadu. Berdasarkanhasilobservasi yang telahdilaksanakan di TK Sa adatudDarainWakan Lombok Tengah ditemukanbahawadalampelakasanaanpembelajaranpadasentraalamtemabinatang guru belummenggunakanpermainan yang edukatifdanmasihberpatokanpadabukuteks dantidaksesuaidengankarakteristikmateridankarakteristikanak.Untukitusalahsatualternatifuntukmemecahkanmasalahtersebutadalahdenganmengembangkanpermainanedukatif yang sesuaidengankarakteristiklingkunganbelajaranaksehinggamampumemanfaatkansentra yang telahtersedia. Tujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanpermainanedukatifberbasiskearifanbudayalokalyang dapatdimanfaatkansebagaisalahsatualtrenatif media pembelajaran yang menarik efisiendanefektif yang sesuaidenganlingkunganbelajaranak. Pengembanganpermainanedukatifinimenggunakanmetodepengembangan yang diadaptasidariReiserdanMollenda yang dikenaldengan model pengembangan ADDIE.Prosedurpengembangan permainan edukatif ini melalui lima tahap yaitu (1) anlisis kebutuhan (2) mendesain produk pengembangan (3) mengembangkan produk (4) mengimplementasikan produk yang dikembangkan dan ((5) mengevaluasi hasil implementasi pengembangan produk. Hasil penelitian dan pengembangan diuraikan sebagai berikut a) Data keseluruhan yang diperoleh dari ahli isi/materi pedidikan anak usia dini permainan edukatif memiliki nilai kevalidan sebesar 80 55% dengan katagori valid b) dari ahli media pembelajaran berupa permainan edukatif berbasis kearifan lokal memiliki nilai kevalidan sebesar 83 65% dengan kategori valid c) dari praktisi pendidikan yaitu guru kelas kelompok B memiliki kevalidan sebesar 92 24% dengan katagori valid. d) dari hasil uji coba kelompok kecil permainan edukatif Jaq Jem Mai Mao memiliki nilai kemenarikan 93 75% efisiensi sebesar 91 67% dan keefektifan sebesar 97 22% semuanya dalam katagori valid.e) dari hasil penelitian kelompok besar anak usia dini permainan edukatif memiliki nilai kemenarikan sebesar 96% efisiensi sebesar 80 67% dan efektifitas sebesar 84% semuanya dalam katagori valid atau layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63213 |
Actions (login required)
View Item |