Chaifa, Dian Emma (2017) Keterampilan proses sains dan kemampuan representasi melalui pembelajaran Process Oriented Guide Inquiry Learning (POGIL) / Dian Emma Chaifa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Emma Chaifa Dian. 2017. Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Representasi Melalui Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Markus Diantoro M.Si. (2) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata Kunci keterampilan proses sains kemampuan representasi POGIL mixed method Pembelajaran IPA bertujuan untuk melatih keterampilan dan kemampuan ilmiah disamping menguasai konsep dengan baik. Salah satu keterampilan dan kemampuan ilmiah yang penting diperoleh peserta didik adalah keterampilan proses sains dan kemampuan representasi. Keterampilan proses sains memberikan landasan-landasan ilmiah agar peserta didik mampu dan mengembangkan pengetahuannya. Selain itu kemampuan representasi diperlukan peserta didik untuk dapat memahami fakta fenomena dan ide ilmiah yang ada menyampaikan analisis klaim argumen dan idenya dalam berbagai bentuk representasi dan menarik sebuah kesimpulan. Telah banyak penelitian mengenai keterampilan proses sains dan kemampuan representasi lebih banyak dilakukan pada materi fisika dan pada tingkat sekolah menengah atas atau mahasiswa namun masih dilakukan secara terpisah dan hanya pada sisi kuantitatifnya saja. Tujuan penelitian ini adalah menjabarkan perubahan dan perkembangan keterampilan proses sains dan kemampuan representasi melalui pembelajaran POGIL. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Mande Kabupaten Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain embedded experimental model. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uji paktik dan lembar observasi keterampilan proses sains kuis dan tes uraian kemampuan representasi self assessment dan pedoman wawancara. Hasil validasi isi semua instrumen dalam kategori sangat baik dan layak digunakan. Tes uraian kemampuan representasi diuji empiris di SMP yang setara. Hasil uji empiris menunjukan butir tes dapat digunakan untuk pengambilan data. Data penelitian ini meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan uji-t perhitungan N-gain dan effect size. Data kuantitatif didukung oleh data kualitatif perkembangan peserta didik selama perlakuan. Data kualitatif berupa kualitas keterampilan proses sains dan kemampuan representasi peserta didik yang diperoleh dari hasil observasi kuis self assessment dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan keterampilan proses sains dan kemampuan representasi peserta didik dari pretest ke posttest dengan nilai rata-rata N-gain sangat tinggi dan effect size sangat besar. Kategori keterampilan proses sains yang dominan pada pretest adalah kategori kurang terampil sedangkan kategori keterampilan proses sains yang dominan pada posttest adalah kategori terampil. Selain itu terjadi perubahan kategori kemampuan representasi peserta didik dari pretest ke posttest. Kategori kemampuan representasi yang dominan pada pretest adalah kategori tidak terampil sedangkan kategori kemampuan representasi yang dominan pada posttest adalah kategori cukup terampil. Peningkatan keterampilan proses sains dan kemampuan representasi didukung data perubahan selama proses pembelajaran. Secara keseluruhan terjadi peningkatan keterampilan proses sains dan kemampuan representasi. Pola dan kualitas perubahan keterampilan proses sains dan kemampuan representasi pada peserta didik sangat beragam hal ini menunjukan keunikan setiap peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63205 |
Actions (login required)
View Item |