Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing materi pencemaran lingkungan bersumber belajar pengelolaan limbah cair industri tahu untuk meningkatkan keterampilan proses sains, penguasaan konsep, dan sikap terhadap lingkungan pada siswa SMP Negeri 2 Adiwe - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing materi pencemaran lingkungan bersumber belajar pengelolaan limbah cair industri tahu untuk meningkatkan keterampilan proses sains, penguasaan konsep, dan sikap terhadap lingkungan pada siswa SMP Negeri 2 Adiwe

Febriana, Indri (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing materi pencemaran lingkungan bersumber belajar pengelolaan limbah cair industri tahu untuk meningkatkan keterampilan proses sains, penguasaan konsep, dan sikap terhadap lingkungan pada siswa SMP Negeri 2 Adiwe. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriana Indri. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Materi Pencemaran Lingkungan Bersumber Belajar Pengelolaan Limbah Cair Industri Tahu untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Penguasaan Konsep dan Sikap terhadap Lingkungan pada Siswa SMP Negeri 2 Adiwerna. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ibrohim M.Si. (2) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata kunci pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing keterampilan proses sains penguasaan konsep sikap terhadap lingkungan IPA diajarkan dengan tujuan diantaranya agar siswa menguasai konsep mempunyai keterampilan dan sikap. Pembelajaran IPA menekankan pada pembelajaran aktif pemberian pengalaman langsung dan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing materi pencemaran lingkungan bersumber belajar pengelolaan limbah cair industri tahu yang layak (valid) dan praktis (2) mengungkap tingkat efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam meningkatkan keterampilan proses sains penguasaan konsep dan sikap terhadap lingkungan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define (pendefinisian) desain (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus RPP LKS dan handout. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh validator ahli materi desain pembelajaran dan praktisi lapangan. Perangkat hasil pengembangan yang telah divalidasi selanjutnya diuji keterbacaan oleh kelompok kecil dan diuji coba di kelas eksperimen. Hasil validasi oleh ahli materi pembelajaran diperoleh rerata nilai perangkat pembelajaran sebesar 97 9% ahli desain pembelajaran 88 15% praktisi lapangan 93 9%. Berdasarkan validasi tersebut diketahui bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa rerata nilai LKS 92 0% dan handout 91 0%. Hal tersebut yang menunjukkan bahwa LKS dan handout yang dikembangkan berkualifikasi sangat tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan keterampilan proses sains penguasaan konsep namun belum efektif dalam meningkatkan sikap terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63201

Actions (login required)

View Item View Item