Adhadila, Ella Rifka (2017) Penerapan komunikasi interpersonal guru untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi anak kelompok A di TK ABA 13 / Ella Rifka Adhadila. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Adhadila Ella Rifka. 2017. Penerapan Komunikasi Interpersonal Guru untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Anak Kelompok A di TK ABA 13 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A Kata Kunci Komunikasi Interpersonal Guru Media Boneka Tangan Gambar Seri Komunikasi Anak Keterampilan berkomunikasi anak kelompok A di TK ABA 13 pada saat pra tindakan masih belum distimulasi secara maksimal. Guru merasa kesulitan harus menjelaskan lagi kepada setiap anak saat kegiatan inti. Anak cenderung kurang mendengarkan perintah guru sehingga saat kegiatan inti dilaksanakan anak bingung dan selalu bertanya kepada guru. Anak yang merasa tidak bisa melakukan kegiatan pembelajaran seringkali mengganggu atau menyendiri di dalam kelas. Kegiatan di area bahasa kurang variatif karena hanya meniru menulis kata tanpa ada gambar yang menarik perhatian anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi anak melalui penerapan komunikasi interpersonal guru di TK ABA 13 Malang Kelompok A tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan tindakan Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah melalui teknik observasi wawancara unjuk kerja dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan komunikasi interpersonal guru menggunakan media boneka tangan dan gambar seri untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi anak berjalan dengan baik. (2) Penggunaan media boneka tangan dan gambar seri sebagai media penerapan komunikasi interpersonal guru dapat meningkatkan aktivitas berkomunikasi anak yang ditunjukkan oleh hasil observasi pada siklus 1 mencapai hasil rata-rata sebesar 69 52% dengan kriteria cukup dan pada siklus 2 mencapai presentase 88 58% dengan kriteria sangat baik. (3) Penerapan komunikasi interpersonal guru dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi anak hal ini dibuktikan dengan peningkatan presentase keberhasilan anak pada siklus 1 dan siklus 2. Peningkatan presentase keberhasilan anak dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 19 06%. Pada siklus 1 menunjukkan 5 anak yang tuntas dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 13 anak yang tuntas dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan komunikasi interpersonal guru menggunakan boneka tangan dan gambar seri dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi anak TK Kelompok A di TK ABA 13.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63176 |
Actions (login required)
View Item |