Anwar, Maskur Hairil (2017) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media pohon matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V/C SD Negeri 00 Loa Janan / Maskur Hairil Anwar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anwar MaskurHairil. 2017. PenerapanPembelajaranKooperatifTipeSTADBerbantuan Media PohonMatematikauntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelas V/C SDNegeri 001 Loa Janan. Tesis. Program StudiPendidikanDasar PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. CholisSa dijah M.Pd. M.A. (2) Dr. Subanji M.Si. Kata kunci student team achievement division media pohonmatematika berpikirkritis Pembelajaranmatematika di sekolahdasarsering kali dilakukanhanyasebataslatihan (drill) guru cenderungmenyampaikanmaterisecarakonvensional (ceramah) dilanjutkandenganmemberikancontohdanpembahasanumum lalumengerjakanlembarkerjasiswa (LKS).Hal iniberpengaruhterhadapkemampuanberpikirsiswa. Siswabelummemahamikonsepdasarbilanganbulat.Untukmembantusiswaaktifdalammenggunakankonsepoperasihitungbilanganbulatadalahdenganmenggunakanpembelajaran STAD dan media pohonmatematika yang dapatmengaktifkanbelajarsiswa.Tujuandilaksanakanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanbagaimanapenerapanpembelajarantipe STAD berbantuan media pohonmatematika yang dapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa. Penelitianinimenggunakanmetodetindakankelas yang yangterdiriatastahapanperencanaan pelaksanaandanobservasi sertarefleksi.Dalamsiklusterdiriatastigapertemuantindakandansatupertemuanevaluasi.Subjekpenelitianadalahsiswakelas V/C SD Negeri 001 Loa Janantahunpembelajaran 2016/2017 dengan 29 siswa yang terdiriatas 16 siswalaki-lakidan 13 siswaperempuan. Instrumen yang dipersiapkanadalahlembarobservasikegiatan guru dansiswa catatanlapangan soalteskemampuanberpikirkritissiswa danlembarwawancara. Hasilpenerapanpembelajarankooperatiftipe STAD berbantuan media pohonmatematikapadamaterioperasihitungbilanganbulatmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatankemampuanberpikirkritissiswadarisiklus 1 kesiklus 2.Kemampuanberpikirkritissiswainiterlihatpadaperolehanhasiltesberpikirkritispadasiklus 1 yaitu 41 37% denganperolehannilaiklasikal 65 61 meningkatsignifikanpadasiklus 2 sebesar 86 20% denganperolehannilaiklasikal rata-rata sebesar 78 6. Untukaktivitas guru dalampembelajaranpadasiklus 1 dihasilkan rata-rata mencapai 73 22% danpadasiklus 2 menjadi 92 88%. Sedangkanaktivitassiswadalampembelajaranpadasiklus 1 yaitu 62 99% danmenjadi 87 66% padasiklus 2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63099 |
Actions (login required)
View Item |