Firdaus, Rachman (2017) Pengembangan buku pengayaan IPS SMP materi kegiatan ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam berbasis kearifan lokal Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur / Rachman Firdaus. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rachman Firdaus.2017.Pengembangan Buku Pengayaan IPS SMP Materi Kegiatan Ekonomi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur Program Studi PendidikanDasar IPS PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R W W. M.A M.Si(2) Dr. Ach Amirudin M.Pd . Kata Kunci Pengembangan Buku Pengayaan Kearifan Lokal Lembata. Pengembangan bahan ajar dimaksudkan untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran yang kontekstual sehingga mampu mendekatkan pembelajaran IPS dengan lingkungan sekitar siswa sebagai sumber belajar. Bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti berupa Buku Pengayaan berbasis kearifan lokal di Kabupaten Lembata. Materi yang dipilih dalam penelitian dan pengembangan bahan ajar ini yaitu Kegiatan Ekonomi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Tahapan penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Dick Carrey Carrey (2009) yang terdiri dari 10 langkah. Dalam pelaksanaannya peneliti hanya menggunakan 7 langkah yang disesuaikan dengan lingkungan penelitian. Ketujuh langkah penelitian dan pengembangan tersebut adalah (1) analisis kebutuhan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan bahan ajar (2) analisis kompetensi inti kompetensi dasar dan indikator untuk memudahkan siswamemahami materi kegiatan ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam melalui kearifan lokal yang ada disekitarnya (3) penyusunan Buku Pengayaanyang bertujuan agar tercipta produk Buku Pengayaan yang berkualitas (4) Validasi Buku Pengayaan oleh validasi ahli materi ahli desain dan ahli bahasa untuk mendapatkan penilaian dan tanggapan terkait produk Buku Pengayaan (5) revisi produk Buku Pengayaan kearifan lokal Lembata untuk memperbaiki keterbacaan produk Buku Pengayaan (6) uji coba terbatas terhadap 2 orang guru IPS dan 10 orang siswa SMPN 1 Nagawutung (7) Revisi draft akhir untuk mengetahui keterbacaan produk Buku Pengayaan kearifan lokal Lembata. Jumlah perolehan skor validator ahli materi 79% ahli desain 71 43% dan ahli bahasa 75% serta respon guru 100% dan respon siswa 96 56%. Berdasarkan perolehan skor tanggapan responden secara keseluruhan terhadap produk Buku Pengayaan tersebut menunjukkan bahwa produk Buku Pengayaan kearifan lokal Lembata dalam kategori baik dan tidak perlu direvisi. Hal ini berarti bahwa responden menyetujui produk Buku Pengayaan tersebut layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPS. Adapun saran dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) saran pemanfaatan diharapkan Buku Pengayaan ini dapat bermanfaat bagi guru siswa dan peneliti lain (2) saran diseminasi diperlukan uji coba efektifitas produk dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi kegiatan ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam berbasis kearifan lokal Lembata (3) saran pengembangan lebih lanjut diperlukan uji pemanfaatan Buku Pengayaan agar dapat menghasilkan produk buku yang berkualitas dalam pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63055 |
Actions (login required)
View Item |