Penerapan model siklus belajar 5E berbantuan concept map untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis siswa pada materi IPA kelas VIII SMP Negeri 6 Halmahera Barat / Nurlaila Djiad - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model siklus belajar 5E berbantuan concept map untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis siswa pada materi IPA kelas VIII SMP Negeri 6 Halmahera Barat / Nurlaila Djiad

Djiad, Nurlaila (2015) Penerapan model siklus belajar 5E berbantuan concept map untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis siswa pada materi IPA kelas VIII SMP Negeri 6 Halmahera Barat / Nurlaila Djiad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Djiad Nurlaila. 2015. Penerapan Model siklus belajar 5E Berbantuan Concept Map untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi IPA Kelas VIII SMP Negeri 6 Halmahera Barat. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan IPA SMP Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd Kata Kunci siklus belajar 5E concept map penguasaan konsep berpikir kritis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang tujuannya adalah mengetahui (1) bagaimana keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model siklus belajar 5E berbatuan concept map (2)penerapan siklus belajar 5E berbantuan concep mapdapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritsi siswa pada materi IPA dan (3) tanggapan siswa terhadap model siklus belajar 5E berbantuan concept map. Kemampuan penguasaan konsep IPA yang diukur mengacu pada taxsonomi Bloom yaitu penguasan konsep mencakup mengingat (C1) memahami (C2) mengaplikasikan (C3) menganalisis (C4) mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan indikator berpikir kritis meliputi berpikir analitis (pengambilan keputusan) kemampuan bernalar dalam berpikir analisis induktif dan deduktif mengunakan konsep dan prinsip untuk menjelaskan berbagai peristiwa dan menyelesaikan masalah baik secara kualitatif serta kuantitatif dilancutkan dengan pengecekan data melalui triangulasi data. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart.Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Halmahera Barat dengan jumlah siswa 22.Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model siklus belajar 5Eberbantuan concept map soal tes yang mengukur kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yang meliputi keterlaksanaa pembelajaran tes akhir siklus untuk penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis penilaian concept map dan respon siswa terhadap model siklus belajar 5E berbantuan concept map pada materi IPAdan data kualitatif yang meliputireduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaketerlaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil observasi guru telah menjalankan sintaks pembelajaran yang sesuai dengan rancangan dalam RPP secara garis besar hasil observasi kegiatan siswa menunjukan bahwa siswa telah dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan efektif atau baik dan sesuai dengan sintaks yang diharapkan.Penerapan pembelajaran model siklus belajar 5Eberbantuan concep mapdapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan berpikir kritis siswa SMP Negeri 6 Halmahera Barat. Proses pembelajaran yang terdiri dari 5 tahapan atau fasedengan menggunakan bantuan concept map setelah faseengagement yaitu pada faseexploration fase explanation fase elaborationdan faseevaluation.Persentase kemampuan penguasaan konsep siswa yang berhasil dicapai pada tes akhir siklus II adalah sebesar 67 32% mencapai lebih dari KKM dan kemampuan berpikir kritis sebesar 80% mencapai kategori kritis. Tanggapan siswa berdasarkan data angket respon siswapada pembelajaran IPA dengan penerapan model belajar siklus 5E berbantuan concept mapsangat positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62881

Actions (login required)

View Item View Item