Dole, Frumensius B (2015) Kesulitan guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran IPS berorientasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Kecamatan Detukeli Kabupaten Ende / Frumensius B. Dole. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dole Frumensius B. 2014. Kesulitan Guru SD di KecamatanDetukeliKabupatenEndedalamMengembangkanPembelajaran IPS BerorientasiPendidikanKarakterBerbasisKearifanLokal.Tesis Program StudiPendidikanDasar Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi ME (II) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd. Kata Kunci Kesulitan guru PengembanganPembelajaran IPS PendidikanKarakter KearifanLokal Pembelajaran IPS di sekolahdasar sebagaimanasemuapembelajaranlainnya senantiasadiarahkanpadatujuandasarpendidikan yaitumembentukmanusia yang cerdasdanberkepribadianbaik.Olehkarenaitu pembelajaran IPS tidakhanyabertujuanuntukmeningkatkankemampuankognitifpesertadidik melainkanjugamembentukkepribadian yang baik.Idealnyapembelajaran IPS berbasiskehidupansosialmasyarakatpadalingkungantempattinggalpesertadidik.Demikian pula ketikadalampembelajaran IPS terintegrasipenanamannilai-nilaidalamrangkapembentukankarakterpesertadidik.Nilai-nilai yang hendakditanamkansemestinyaadalahnilai-nilai yang telahada diterima dandihayatiolehmasyarakat di manapesertadidikberada.Namundemikian harusdiakuibahwauntukmelaksanakanpembelajaran IPS denganorientasipendidikankarakterdandengan basis kearifanlokalmembutuhkanpengetahuandanketerampilan yang memadaidaripara guru danbelumsemua guru dapatmelakukannya. Penelitianiniadalahpenelitiankualitatifdeskriptiftentangkesulitan guru IPS SD di KecamatanDetukelidalammerencanakanpembelajaran IPS berorientasipendidikankarakterdanberbasiskearifanlokal.Penelitianinidilaksanakan di SekolahDasaryang ada di KecamatanDetukeli KabupatenEnde.Teknikpengumpulan data dalampenelitianiniadalahwawancaradanobservasi. Hasilpenelitianmenyimpulkanbahwapara guru IPS SD di KecamatanDetukelibelummembuatperencanaanpembelajarandenganbaikkarenamengalamikesulitandalammembuatsetiapbagiandarirencanapembelajarandanmengaturwaktukerja.Hal-hal yang menyebabkankesulitantersebutadalahkurangnyapelatihanuntuk guru yang berhubungandenganpengembanganperangkatpembelajaran minimnyasaranadanprasaranapenunjang danbebankerja yang terasaberatkarenaminimnyafasilitas. Saran yang disampaikanuntukmenjaditindaklanjuthasilpenelitianiniadalah 1) perlunyadilakukanpelatihan-pelatihandalamrangkapeningkatankompetensiprofesional guru di daerah untukmemastikanbahwakebijakankurikulumtelahdapatdiimplementasikansampaikesetiapsatuanpendidikan 2) penetapanstandarbebankerja guru diharapkandapatmempertimbangkanperbedaankondisi di daerahterpencildan di perkotaan 3) Guru di daerahdiharapkantidakdiberibebankerjatambahan yang menyebabkan guru seringmeninggalkansekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62877 |
Actions (login required)
View Item |